MultisportSportainment

Untuk Pemula, Ini Trik Dasar Main Sepatu Roda yang Harus Dikuasai

Rollerblade merupakan salah satu jenis olahraga yang kembali digemari masyarakat di tengah pandemi ini. Mulai dari usia muda hingga dewasa pun menguasai olahraga yang butuh keseimbangan serta latihan ini. Meskipun tingkat kesulitan bermain sepatu roda termasuk tinggi, bukan berarti tidak ada trik yang bisa dilakukan pemula untuk mencobanya.

Keseimbangan tubuh jadi hal utama. Selain itu, diperlukan keuletan dan nyali besar agar berhasil meluncur dengan sempurna. Di saat yang sama, Anda juga wajib selalu melindungi diri dari resiko cedera dengan selalu memakai perlengkapan keselamatan.

Buat Anda yang penasaran ingin bermain sepatu roda, wajib mengetahui beberapa trik dasar yang perlu dikuasai pemula. Berikut ini beberapa trik dasar rollerblade yang perlu dikuasai pemula.

1.      Heel toe

Heel toe merupakan trik yang paling sederhana dalam permainan rollerblade. Dianggap sebagai permulaan sebelum mencoba banyak trik lainnya. Trik ini dilakukan dengan meluncur di roda belakang pada kaki kiri dan roda depan pada kaki kanan atau sebaliknya.

Jika diperhatikan gerakannya, tubuh pemain akan berbentuk seperti gunting. Saat meluncur, salah satu kaki berada di depan, sedangkan kaki lainnya berada di belakang. Dalam trik ini, hanya dua ban aja yang meluncur di lintasan.

2.      Fishtail

Ini merupakan salah satu trik yang berguna untuk melatih keseimbangan. Fishtail dilakukan dengan cara berjongkok, tapi kaki belakang sedikit ditarik ke belakang. Pemain dituntut untuk mengayuh lebih kencang agar mendapatkan kecepatan yang ideal.

Pemain dapat bergaya meluncur dengan sepatu roda sambil berjongkok jika keseimbangan sudah tercapai dan mendapatkan momentum. Selain itu, pemain juga akan mudah melakukan maneuver.

3.      Skating backwards

Trik ini dianggap berguna sekali untuk bermain di atas ramp sambil melakukan maneuver. Walau kelihatannya trik ini gampang, tapi nyatanya butuh banyak repetisi agar trik ini berhasil dilakukan dengan sempurna.

Untuk proses awal, berjalanlah mundur satu arah. Jika berhasil, maka Anda dapat mencobanya sambil maneuver. Bahkan kalau bisa setelah meAndancat, mendaratlah dalam keadaan mundur.

4.      Flat spin

Ini merupakan trik putaran sederhana yang melibatkan putaran 180 atau 360 derajat dan bakal terlihat keren untuk dilakukan. Untuk memulai, letakkan kaki secara seimbang dengan jarak selebar bahu. Lalu putar tubuh bagian atas ke arah yang diinginkan, baik ke kiri atau ke kanan.

Dengan cara ini, tubuh akan bergerak secara alami dalam putaran 180 atau 360 derajat. Saat memutar tubuh bagian atas, pastikan untuk menjaga gerakan tetap lambat dan mulus.

5.      Wavers

Wavers adalah trik dasar rollerblade lainnya yang bisa dilakukan pemula. Trik ini dilakukan dengan mendorong kaki keluar dan kemudian dengan cepat menariknya kembali dan mengulangi prosesnya. Ini akan membuat kaki jadi bergelombang.

Dengan trik ini, Anda harus sangat berhati-hati agar nggak melaju terlalu cepat. Pola melambai yang dibuat oleh tubuh dapat dengan mudah menyebabkan kehilangan keseimbangan. Selain itu, Anda juga bisa melukai pergelangan kaki jika mencoba menariknya ke belakang dengan terlalu banyak tekanan. Lakukan saja dengan mulus dan mudah, dan biarkan gerakan alami tubuh membuat gelombang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close