MultisportSportainment

Untuk Pemula, Ini 4 Tips Bermain Sepatu Roda dari Profesional Inline Skate

Apakah Anda inline skater pemula, dan tengah mengalami kesulitan ketika melakukan olahraga sepatu roda? Jika iya, Anda harus memperhatikan sejumlah tips yang ada di artikel ini.

Sejumlah tips yang akan disebut di bawah ini berasal dari para profesional dan ditujukan kepada siapa pun. Pastinya 5 tips di bawah ini akan berguna sekali untuk inline skater pemula.

1.      Hindari genangan air

Saat bermain inline skate, usahakan hindari area inline skate yang berair. Maksudnya, area inline skate yang Anda pakai harus terhindar dari genangan air dan juga jangan sampai basah. Area tersebut akan sangat membahayakan kamu saat bermain inline skate nanti.

Air yang berada dalam area berair mempunyai kadar air yang banyak. Jika melintasi area itu, air akan masuk ke sela-sela sepatu Anda, terutama di bagian yang bermaterialkan besi. Jika sampai itu terjadi, maka sepatu roda Anda akan berkarat, dan nantinya Anda akan susah memakai sepatu tersebut.

Jika terpaksa melewati area tersebut, kamu harus meluncur di atas area tersebut dengan kecepatan sedang. Pastikan sepatu inline skate milik Anda dilepas setelah dipakai, kemudian keringkan hingga airnya hilang.

2.      Lakukan gerakan yang tepat saat menanjak dan menurun

Tanjakan dan turunan merupakan medan yang akan Anda hadapi saat ber-inline skate. Apalagi, jika nanti Anda melakukannya di area perbukitan. Saat menanjak, lebarkanlah jari-jari kaki Anda hingga membentuk huruf ‘V’. Setelah itu, lakukanlah gerakan selancar dengan cara melangkah secara pendek namun cepat.

Dengan cara di atas, Anda bisa melewati area tanjakan dengan baik. Pastikan pula untuk tetap menjaga fokus saat menanjaki tanjakan. Adapun jika menghadapi turunan, disarankan untuk langsung meluncuri turunan tersebut dengan kecepatan konstan dan juga menggunakan rem. Namun, sebelum melakukan hal tersebut, pastikan kamu cek terlebih dahulu seperti apa turunan yang akan Anda lewati.

3.      Lindungi area bagian kepala

Selalu jaga dan lindungi kepala Anda saat bersepatu roda, supaya tidak terbentur oleh benda apa pun. Adapun cara untuk melakukan tips ini adalah dengan memakai helm khusus skate. Anda juga harus tetap fokus dan waspada, agar Anda tetap bermain dengan aman, dan lebih-lebih supaya kepala Anda aman dari benturan benda lain.

4.      Perhatikan suara skate atau sepatu roda

Dalam keadaan tertentu, skate atau sepatu roda yang Anda pakai akan bersuara. Bila sepatu Anda berbunyi seperti mesin penggilingan, itu tandanya sepatu Anda sudah kotor atau usang. Apabila sepatu Anda mengeluarkan bunyi berdecit, bisa dipastikan kalau ada baut atau roda yang longgar di sepatu Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close