MultisportSportainment

Untuk Pemula, Ini 4 Panduan dalam Memilih Berat Dumbbell

Berat dumbbell yang Anda gunakan untuk latihan angkat beban tidak bisa ditentukan secara asal, terutama saat memilih berat untuk pemula. Alih-alih membentuk otot, barbel yang terlalu berat malah dapat membahayakan tubuh Anda, mulai dari adanya kemungkinan cedera, kerusakan otot, hingga terjepitnya saraf.

Sedangkan alat yang terlalu ringan akan membuat latihan Anda menjadi tidak efektif dan pada akhirnya memberikan hasil yang tidak maksimal. Jadi, sebenarnya berapakah berat barbel untuk pemula yang tepat? Berat pada alat angkat beban yang direkomendasikan untuk setiap orang tidaklah sama. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari kekuatan fisik hingga tujuan latihan yang ingin dicapai. Namun khususnya bagi Anda para pemula, simaklah tips-tips berikut untuk menentukan berat yang pas untuk Anda:

1.      Mulailah dengan alat yang ringan

Bila Anda benar-benar baru pertama kali mencoba angkat beban, gunakanlah terlebih dahulu barbel dengan berat teringan untuk berlatih sampai Anda menguasai cara yang benar untuk setiap jenis latihan – karena teknik bisa dibilang adalah pondasi dari keberhasilan latihan Anda.

2.      Pilih berat sesuai jenis kelamin

Meskipun tidak selalu, pria biasanya memiliki bagian tubuh atas yang lebih kuat daripada wanita. Oleh sebab itu pria yang biasanya fokus pada latihan dada dan punggung bisa mulai mengangkat alat dengan berat 4,5-9 kg.

Sedangkan wanita yang biasanya lebih fokus pada repetisi, kecepatan, dan cenderung memiliki ketahanan lebih tinggi bisa mulai dengan berat 2-4,5 kg.

3.      Pilih berat sesuai tingkat kekuatan

Tentu saja kita tidak bisa menyamaratakan kekuatan setiap orang hanya berdasarkan jenis kelaminnya. Karenanya untuk menentukan berat barbel berdasarkan tingkat kekuatan secara lebih pasti, Anda bisa menggunakan cara sebagai berikut.

Cobalah dumbbell dengan berbagai variasi berat sampai Anda menemukan beban terberat yang masih bisa Anda angkat dengan satu tangan dalam satu kali percobaan.

Berat alat fitness yang sesuai dengan kekuatan Anda adalah beban yang beratnya kira-kira 60-70% dari beban terberat tersebut.

Jadi misalkan Anda mampu mengangkat berat 5 kg tanpa kehilangan keseimbangan, berarti berat yang sesuai dengan Anda adalah: 5kg x 60% = 3kg atau 5kg x 70% = 3,5 kg.

Artinya, anda bisa mengangkat beban seberat 3 kg di satu tangan dan 3,5 kg di tangan lainnya.

Namun demikian, berat yang disarankan untuk Anda masih bisa berubah berdasarkan faktor lainnya seperti tujuan latihan. Anda pun bisa menaikkan berat dumbbel secara bertahap seiring dengan bertambahnya kekuatan selama menjalani latihan.

4.      Pilih yang sesuai jenis Latihan dan tingkat kemahiran

Berat dumbbell yang tepat untuk Anda juga akan sangat bergantung pada jenis latihan yang Anda lakukan. Singkatnya, alat yang berat cocok digunakan untuk membangun otot Anda. Karenanya bila tujuan Anda adalah melatih otot dada, kaki, dan punggung, gunakanlah alat yang sedang hingga berat.

Sedangkan alat yang ringan cocok digunakan untuk menstabilkan otot yang akan mendukung tendon dan persedian. Oleh sebab itu bila tujuan Anda adalah melatih biseps, trisep, dan deltoid, gunakanlah barbel ringan sampai sedang.

Nah, itulah beberapa tips memilih dumbbell untuk pemula. Jika Anda ingin melatih otot biceps dan triceps namun belum memiliki dumbbell, kebetulan di Shopee lagi ada Promo 12.12 Big Sale. Sebelum promonya terlewatkan, ayo segera kunjungi aplikasi Shopee, pilih produk yang diinginkan, dan serbu promonya sekarang juga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close