MultisportSportainment

Untuk Para Pendaki, Ini 5 Faktor Penentu Dalam Memilih Sepatu Hiking yang Tepat

Sepatu gunung menjadi salah satu perlengkapan mendaki yang sangat penting dan wajib buat digunakan. Punya desain yang kokoh, sepatu gunung tentu berfungsi buat melindungi kaki Anda. Salah pilih sepatu gunung, maka bisa bikin pendakian Anda jadi tidak nyaman dan bahkan bisa bikin kaki jadi terluka.

Maka dari itu, Anda harus memilih sepatu gunung yang tepat, cocok, dan juga nyaman. Apalagi, udah banyak merek sepatu gunung yang punya kelebihan berbeda, jadi Anda harus cermat dalam memilihnya. Nah, ada beberapa faktor penentu dalam memilih sepatu gunung yang tepat. Berikut ini beberapa hal pentingnya.

1.      Memiliki sol medium

Buat ukuran medan pendakian gunung di Indonesia, sol sepatu atau outsole dengan tingkat kekerasan yang medium ini paling direkomendasikan. Soft sole paling cocok dipakai di permukaan yang keras seperti bebatuan dan hard sole bakal lebih cocok dipakai di tanah yang becek.

Tapi, buat ukuran jalur pendakian di gunung Indonesia dengan kombinasi jalur bebatuan keras, tanah lembek hingga berlumut, medium sole jadi pilihan terbaik. Selain itu, buat memilih bahan terbaik, Anda bisa pilih yang dari karet atau sintetis dengan permukaan sol bergerigi atau tidak gampang terjatuh.

2.      Sepatu berleher tinggi

Sepatu hiking sendiri punya 3 jenis leher, yaitu yang pendek, sedang, dan tinggi. Buat pendakian di jalur yang cukup terjal dan dilakukan dalam waktu yang lama, maka Anda bisa pilih sepatu gunung berleher tinggi. Ini karena sepatu berleher tinggi bisa melindungi mata kaki dan kaki secara keseluruhan dari cedera.

Sedangkan, sepatu gunung berleher pendek tidak bisa melindungi mata kaki, walaupun masih tetap nyaman dipakai buat pendakian ringan dengan jalur yang tidak terlalu terjal atau kegiatan outdoor lainnya.

Sedangkan sepatu gunung leher sedang, tidak bisa melindungi mata kaki secara keseluruhan, bisa tetap dipakai tapi bisa menimbulkan cedera pada kaki kalau melewati jalur yang cukup terjal.

3.      Waterproof

Hal satu ini juga jadi faktor penting dalam menentukan sepatu hiking yang tepat. Pasti Anda tidak ingin kaki jadi basah karena rembesan air dari sepatu gunung yang tidak memiliki sifatĀ waterproof? Hal ini tentu bikin Anda jadi tidak nyaman, bahkan risiko cedera semakin besar.

Karena sesungguhnya, selama pendakian Anda harus bisa menjaga kaki supaya tetap kering demi mencegah terkena hipotermia kalau cuaca jadi sangat dingin. Makanya, ada baiknya Anda pilih sepatu gunung yang sudah waterproof.

4.      Pilih ukuran yang lebih besar

Tidak seperti membeli sepatu biasanya, dalam memilih sepatu hiking sebaiknya Anda harus melebihkan satu nomor dari ukuran sepatu yang biasa dipakai. Misalnya, kalau ukuran sepatu Anda yang biasanya adalah 40, maka buat sepatu gunung sebaiknya pakai yang ukuran 41. Hal ini berfungsi agar ujung jari kaki dan tumit tetap nyaman saat melalui medan tanjakan atau turunan yang terus menerus.

5.      Bobot yang ringan

Memakai sepatu gunung mungkin butuh membiasakan diri dulu, karena kemungkinan di awal pemakaian Anda masih cukup nyaman memakai sepatu yang cukup berat itu, tapi bakal terasa tidak nyaman dan mengganggu kalau sudah melewati jalur menanjak dengan medan terjal. Sebaiknya Anda memilih sepatu gunung yang punya bobot cukup ringan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close