Bola

Tips untuk Pemula yang Ingin Bermain Futsal

Melakukan olahraga di sela-sela aktivitas yang padat memang sering dianggap sebagai salah satu hal yang sulit dilakukan. Namun, hal tersebut bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Padatnya kegiatan sehari-hari memang membuat tubuh cepat lelah. Nah, kalau nggak diimbangi dengan olahraga secara rutin, kamu akan merasakan stres berlebihan, cepat merasa lapar, bahkan sulit tidur!

Buat sobat Sportivitas yang baru ingin memulai hidup sehat, nggak ada salahnya mencoba olahraga yang simpel dan seru bersama teman-teman. Yaaa hitung-hitung bisa saling memotivasi sesama, hehe. Futsal adalah salah satu olahraga seru yang bisa dilakukan bersama teman-temanmu sehabis beraktivitas, baik setelah kerja, kuliah, atau pun habis nongkrong. Nggak sulit lho melakukannya karena sudah banyak banget lapangan futsal yang bisa disewa per jam. Selain mudah ditemukan, fasilitas yang ditawarkan juga lengkap dan nyaman.

Niat sudah ada, lapangan….tinggal di-book…tapi baru sadar kalau ini adalah kali pertamamu berlaga di lapangan futsal? Jangan khawatir! Beberapa tips di bawah ini wajib disimak karena akan membantu para newbie memulai sepak terjangnya dalam olahraga futsal.

  • Pemanasan is a Must!

Sepele, tapi kalau lupa dilakukan bakal fatal banget! Dalam semua cabang olahraga, pemanasan adalah hal paling mendasar untuk dilakukan supaya otot-otot nggak kaku. Lakukan pemanasan sebelum bermain futsal sekitar lima menit. Sebaiknya, fokuskan pada bagian kaki karena bagian tersebut memegang peran paling banyak dalam olahraga ini.

  • Kendalikan Bola dengan Cermat

Ukuran lapangan futsal dan waktu bermain yang terbatas mengharuskanmu memiliki kemampuan menguasai bola untuk posisi main apa pun. Pastikan bola, gerakan, kecepatan, serta ritme dalam bermain tetap selaras. Berkonsentrasi dengan penuh adalah salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan agar bola tetap dalam kendalimu. Untuk melatih kemampuan ini, kamu bisa melakukan juggling bersama teman-temanmu.

  • Jangan Ragu Menendang Bola

Menang atau tidaknya tim yang bertanding dalam olahraga futsal ditentukan oleh jumlah gol. Oleh sebab itu, menendang merupakan kemampuan dasar yang harus kamu miliki. Ternyata, teknik untuk menendang bola cukup banyak lho! Kamu bisa menendang bola dengan kaki bagian luar, dalam, serta ujung kaki. Sebagai pemula, cobalah untuk menendang bola ke arah gawang dengan bagian kaki  mana pun tanpa rasa ragu. Kalau sudah terbiasa, kamu akan tahu teknik menendang apa yang paling cocok denganmu.

  • Pilih Sepatu Futsal Berkualitas Tinggi

Kalau kata anak-anak zaman sekarang, sepatu futsal adalah kunci. Ya, performa kamu di lapangan juga bisa ditentukan oleh kualitas sepatu yang kamu pilih. Nggak hanya pemula, pemain yang sudah cukup lama bermain pun sering melakukan kesalahan dalam memilih sepatu.

Ketahuilah dengan baik ukuran kakimu, pastikan sepatu yang digunakan menempel sempurna dengan kaki. Material sepatu juga menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan matang ketika memilih alas kaki futsalmu. Pilih sepatu dengan bahan yang lentur, terbuat dari karbon sintetis, dan memiliki sol karet agar gerakanmu makin lincah. Pastikan sepatu yang kamu pilih memiliki massa yang ringan agar lebih nyaman.


Source: Frendysports

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti kalau kamu adalah seorang pemula dalam permainan futsal! Selain hal-hal yang berkaitan dengan teknik bermain, jangan lupa pilih sepatu yang tepat ya untuk menunjang kegiatan olahraga! Untuk merawatnya, kamu bisa pilih beragam perawatan sepatu futsal sesuai bahan alas kaki.

Selamat berlaga di lapangan bersama teman-teman!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close