Sportainment

Tips Sederhana Olahraga Panahan untuk Pemula

Panahan kerap dianggap sebagai olahraga yang membutuhkan biaya besar. Anggapan itu tidak salah, tapi tak sepenuhnya benar. Faktanya peralatan yang dibutuhkan untuk olahraga panahan memang dibanderol dengan harga mahal.

Namun, saat ini sudah banyak tempat yang bisa menampung orang-orang yang berminat untuk mengenal olahraga panahan. Anda pun tak harus membeli peralatannya sendiri, bisa dengan menyewanya. Jadi, bagi yang baru ingin mulai menggelutinya, buang jauh-jauh kekhawatiran tersebut.

Meski begitu, jika Anda seorang pemula, ada baiknya mempelajari beberapa hal sebelum mencoba olahraga panahan. Berikut adalah beberapa tips bermain panahan untuk para pemula.

Stance

Ini adalah teknik berdiri yang diperlukan agar mendapatkan posisi tubuh ideal untuk memanah. Dalam teknik ini, posisi kaki harus seimbang dan kokoh, lalu badan dan punggung juga harus tegap.

Nocking

Ini adalah langkah untuk memasukkan ekor anak panah. Masukkan ekor anak panah pada nocking point di tali busur dan tempatkan shaft pada skamuran panah. Tingkat akurasi bidikan sangat bergantung pada penempatan ekor anak panah.

Bersiap Membidik

Pemanah harus melakukan setengah tarikan dan memegangnya dengan kuat sambil membidik sasaran. Dalam teknik ini, tak boleh ada pergerakan atau tangan bergetar. Pemanah harus tetap rileks dengan badan yang tegap agar mendapatkan tingkat akurasi yang diinginkan.

Drawing dan Anchoring

Untuk langkah ini, pemanah harus menarik tali hingga menyentuh bibir atau dagu sebelum melepaskan anak panah. Selanjutnya, pemanah harus melakukan teknik anchoring, yakni penjangkaran tangan yang dijadikan penarik panah pada bagian dagu.

Holding

Setelah dua teknik di atas, pemanah harus mampu menahan posisi tersebut dengan kuat. Konsentrasi juga dibutuhkan agar bidikan tepat sasaran.

Aiming

Ini adalah langkah untuk menentukan bidikan saat sudah menahan tarikan anak pahan.

Release

Setelah itu, teknis release yang baik pun dibutuhkan. Ini adlaah teknik untuk bagaimana melepaskan tarikan anak panah. Cara yang benar adalah tangan yang memegang tarikan anak panah tadi bergerak kebelakang dan menelusuri dagu kemudian leher.

Follow Through

Teknik ini merupakan langkah lanjutan setelah melepaskan anak panah ke arah bidikan. Badan seorang pemahan haruslah tetap tegak dan rileks setelah melepas tarikan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close