BolaSportainment

Tips Sederhana Merawat Sarung Tangan Kiper

Sarung tangan kiper adalah hal penting yang harus dimiliki setiap penjaga gawang. Bukan hanya untuk memenuhi persyaratan, tapi juga sebagai pelindung agar mengurangi risiko cedera telapak tangan.

Ya, sarung tangan kiper berguna untuk mengurangi tekanan akibat tendangan keras dari pemain lawan. Jangan coba-coba menahan tendangan bola pemain lawan tanpa sarung tangan kiper. Pasalnya, cedera jari bisa saja Anda alami.

Saat ini ada dua jenis sarung tangan kiper, yakni finger save dan latex. Terlepas dari hal itu, Anda juga harus mengetahui beberapa cara mudah untuk merawat sarung tangan kiper. Berikut tipsnya:

1. Pahami Masa Pakainya

Seorang penjaga gawang harus tahu betul masa pakai sarung tangan kiper. Semakin sering dipakai, semakin rusak pula lapisan lateks yang terdapat di sarung tangan kiper. Anda bisa mengetahui masa pakainya dari tanda-tanda pengelupasan yang terjadi.

2. Merawat Saat Pertandingan

Tak hanya saat dipakai, merawat sarung tangan kiper juga harus dilakukan saat pertandingan berlangsung. Jika bermain di lapangan indoor, tentu akan ada banyak debu dan lumpur yang bisa menempel.

Saat pertandingan Anda memang tak bisa memilih tempat yang baik. Tapi, menghindari tempat yang kotor bisa dilakukan saat melakukan pemanasan atau latihan fisik. Sarung tangan yang kotor juga berisiko mengurangi daya cengkram Anda terhadap bola.

3. Rajin Mencucinya

Ada beberapa cara mudah untuk mencuci sarung tangan kiper. Prosesnya ada di bawah ini:

– Rendam sarung tangan kiper di dalam air hangat dengan suhu 30 derajat Celcius.

– Anda harus menggunakan sabun khusus. Juga bisa dengan sampo non-kondisioner sebagai pengganti. Sampo jenis ini tak akan meninggalkan kerak pada sarung tangan Anda.

– Rendam maksimal selama setengah jam.

– Gosok dengan lembut dan bilas hingga bersih sebelum dijemur dengan lubang pergelangan mengarah ke bawah.

– Jangan dijempur dengan langsung terkena sinar matahari. Lebih baik menjemurnya dengan kipas angin atau blower. Bisa juga dengan menempatkannya di belakang AC atau kulkas.

4. Simpan di Tempat Sejuk

Jika sudah dicuci dan kering, Anda tak boleh sembarangan menyimpannya. Anda harus menyimpan sarung tangan kiper pada suhu yang tepat. Jika suhunya kurang cocok, sarung tangan kiper Anda berisiko lebih cepat rusak.

5. Masukkan di Plastik atau Box

Jika sarung tangan kiper Anda terbuat dari bahan latex, sangat dianjurkan untuk menyimpannya di sebuah wadah berupah plastik atau box. Hal ini untuk mengurangi risiko kerusakan dan agar tidak mudah kotor. Jangan menyimpannya dalam keadaan basah karena berisiko menimbulkan jamur.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close