BolaSportainment

Tips Sederhana Berlatih Sepak Bola untuk Pemula

Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang digandrungi banyak orang sejak dulu. Tak sedikit anak-anak menjadikan pesepak bola top dunia sebagai panutan hidupnya.

Sebut saja Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang telah menjadi idola bagi jagat sepak bola dunia. Karena mereka, anak-anak sekarang pun ingin menjadikan sepak bola sebagai karier pilihan.

Karenanya, mereka pun berlomba-lomba untuk mengikuti kursus pelatihan dengan bergabung di sekolah sepak bola (SSB). Bagi yang ingin berlatih tanpa di bawah naungan SSB, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Berlari

Satu hal yang tak bisa dilepaskan dari sepak bola adalah berlari. Anda tak boleh berjalan santai di tengah permainan. Berlari adalah modal awal bagi setiap pesepak bola di seluruh penjuru dunia.

Untuk bisa berlari dengan baik dan benar, Anda harus memahami tekniknya terlebih dahulu. Jika dilakukan dengan cara yang salah, risiko cedera bisa menghantui Anda. Agar menjadi lincah dan gesit, sebaiknya biasakan latihan berlari dengan teknik zig zag.

Menggiring Bola

Setelah mempelajari teknik berlari, hal selanjutnya yang harus dipelajari adalah dribbling. Setiap pesepak bola harus memiliki kemampuan berlari sambil menggiring bola.

Tingkat latihan ini cukup sulit. Karenanya, sebaiknya Anda berlatih dengan melakukan dribbling lurus ke depan dalam beberapa meter. Lakukan itu berulang kali agar kaki Anda terbiasa.

Menendang Bola

Ini adalah teknik yang wajib dimiliki pesepak bola yang berposisi sebagai striker. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa menghasilkan tendangan yang baik dan benar.

Pertama, biasakanlah menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Ini bisa digunakan untuk mengumpan atau menendang langsung ke arah gawang. Teknik lain yang lebih sulit adalah menendang bola dengan kaki bagian luar.

Mengoper Bola

Sepak bola adalah permainan tim, bukan individu. Karenanya, kekompakan antara rekan setim harus dilatih semaksimal mungkin. Untuk menjaga kekompakan, setiap pemain harus tahu cara mengoper bola yang benar.

Mengoper bola harus dilakukan jika Anda dalam situasi tak bisa melewati lawan, ingin membuka ruang, atau ingin membangun serangan. Bahkan, tiki-taka yang melekat pada Barcelona saat ini adalah permainan dengan taktik mengoper bola dengan cepat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close