BasketSportainment

Tips Mudah Membedakan Sepatu Basket Outdoor dan Indoor

Jika ingin membeli sepatu basket, Anda harus menentukan terlebih dahulu soal kebutuhan. Pasalnya, sepatu basket untuk bermain di dalam dan luar ruangan memiliki karakteristik yang berbeda.

Karenanya, jangan heran jika sepatu basket Anda cepat rusak saat digunakan untuk bermain di outdoor. Mungkin saja sepatu yang Anda beli memang khusus dimainkan di indoor saja.

Itu mengapa Anda harus bisa membedakan mana sepatu basket untuk outdoor dan mana sepatu basket untuk indoor. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penjelasan berikut.

Karet Outsole Sepatu

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian karet pada outsole sepatu. Karet outsole biasanya terbuat dari solid rubber atau translucent rubber (karet yang transparan).

Kedua jenis karet tersebut memiliki performa yang baik di lapangan outdoor dengan syarat kedua jenis karet tersebut memiliki kepadatan yang tebal. Karet outsole dengan kepadatan yang lebih tebal tentu memiliki daya tahan lebih lama ketimbang yang lebih tipis.

Sepatu dengan karet outsole yang lentur akan memiliki traksi yang baik pada lapangan indoor. Namun, sepatu tersebut memiliki daya tahan yang buruk di lapangan outdoor. Begitu pula sebaliknya.

Pola Karet pada Outsole

Setelah membedakan kepadatan karet outsole, langkah selanjutnya adalah membandingkan pola karetnya. Guna mencari sepatu yang dengan daya tahan lama, Anda harus memilih sepatu dengan pola karet yang datar dan tebal.

Pasalnya, pola tersebut memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan karet berpola agresif dan lancip. Namun, pola karet agresif dan lancip biasanya akan memiliki traksi yang lebih baik bila digunakan di lapangan kayu/indoor.

Ventilasi

Jika ingin menggunakan di lapangan outdoor, pilih sepatu yang memiliki ventilasi dengan baik. Suhu udara di lapangan outdoor akan jauh lebih tinggi ketimbang di dalam ruangan. Karenanya, ventilasi sangat bermanfaat untuk membuat suhu di dalam sepatu tetap stabil.

Material Sepatu

Hal lain yang harus diperhatikan adalah material pada bagian upper sepatu. Pilih sepatu dengan material yang nyaman dan kuat seperti synthetic leather, TPU (thermoplastic polyurethane), Knit (rajutan).

Signature Shoes

Pada dasarnya, signature shoes diciptakan untuk pemain NBA. Dan mereka hanya akan bermain di lapangan indoor. Tak heran jika para vendor sepatu akan memaksimalkan kualitas sepatu tersebut saat dimainkan di lapangan indoor.

Namun, karena tak semua orang bisa bermain di lapangan indoor, vendor sepatu biasanya membuat versi take down dari signature shoes atau adaptasi dari sepatu tersebut. Itu agar signature shoes juga bisa digunakan di lapangan outdoor.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close