Sportainment

Tips Memilih Sepeda Gunung untuk Pemula

Bersepeda gunung menjadi olahraga ekstrem yang kini menjadi primadona bagi banyak orang. Selain karena faktor adrenalin, bersepeda juga menjadi ajang untuk menghilangkan rasa penat.

Namun, bagi para pemula, jangan membeli sepeda gunung dengan sembarangan. Jika dilakukan secara sembarang, bisa saja Anda justru akan mendapatkan sepeda gunung yang bukan dengan kualitas terbaik.

Ada hal-hal dan informasi yang harus diketahui sebelum Anda memutuskan pilihan saat datang ke toko sepeda. Apa saja hal yang harus diketahui? Simak penjelasan di bawah ini.

Mengenal Tipe Sepeda

Ini adalah hal yang sangat penting. Saat sudah mengerti tipe-tipe sepeda, Anda pun akan mengerti dan memahami sepeda apa yang sesuai dengan keinginan dan karakter Anda.

Sepeda gunung sebagian besar terbuat dari bahan baja, aluminium, atau serat karbon. Bannya pun dibuat khusus agar bisa berjalan kuat dan tangguh di medan ekstrem agar tak mudah terglincir.

Hard Tail Atau Full Suspension

Ada dua jenis sepeda gunung, yakni yang hard trail dan suspension. Sepeda hard tail tidak memiliki suspension di bagian belakangnya. Tapi, ini sangat cocok dipakai di medan berat karena bobotnya yang lebih ringan.

Sedangkan sepeda suspension selalu memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Sayangnya, tipe ini kurang cocok untuk digunakan di medan yang berat.

Sesuaikan Gaya Bersepeda

Pemilihan desain harus disesuaikan dengan gaya bersepeda Anda. Untuk sepeda gunung trail dikhususkan untuk kegiatan offroad dengan medan yang terjal dan berbatu.

Sedangkan sepeda gunung gravity sangat cocok untuk downhill yang memang harus memiliki kecepatan tinggi. Lalu, untuk sepeda gunung enduro dikhususkan untuk medan ekstrem berupa pegunungan, tapi tetap nyaman saat menggunakannya di perkotaan.

Pemilihan Merek

Istilah harga menentukan kualitas sangat besar adanya. Karenanya, sangat dianjurkan memilih sepeda gunung dengan merek-merek ternama. Ada banyak merek yang cukup populer di Indonesia. Mulai dari Polygon, United Bike, hingga Wimcycle.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close