BolaSportainment

Tips Memilih Sepatu Lari yang Baik, Tak Melulu soal Harga

Membeli sepatu lari tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Anda harus mengetahui beberapa hal sebelum memutuskan untuk membelinya. Pasalnya, setiap sepatu lari juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Saat ini, Anda memiliki banyak pilihan jika ingin membeli sepatu. Yang paling populer jelas sepatu lari dengan merek seperti Nike atau Adidas. Keduanya adalah brand sepatu lari yang laku keras di pasaran.

Kebetulan, kualitas dari sepatu merek Nike dan Adidas juga sudah teruji. Hampir pasti Anda tak akan kecewa jika memilih untuk membeli salah satu dari kedua brand tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang juga harus Anda pelajari sebelum memutuskan untuk membeli. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih sepatu lari yang tepat.

1. Kenali Jalur Lari Anda

Jenis sepatu lari sangat bergantung pada jalur lari. Dalam hal ini, ada tiga kategori yang bisa dibedakan, yakni  road-running shoes, trail-running shoes, dan cross-training shoes. Nama pertama khusus untuk pelari di jalan, trotoar, atau apapun di permukaan yang keras dan datar.

Untuk trail-running shoes khusus untuk pelari yang gemar beraksi dengan naik turun bukit, kondisi berlumpur atau berbatu. Sepatu jenis ini akan memberikan stabilitas dan perlindungan ekstra untuk kaki Anda di jalur ekstrem. Sedangkan jenis cross-training shoes adalah khusus untuk pelari di tempat gym atau di dalam ruangan.

2. Kenali Cara Lari Anda

Setiap orang tentu memiliki cara berlari yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya ada tiga jenis mekanisme lari yang berkaitan dengan bentuk telapak kaki, yakni pronasi normal, berlebih, dan kurang. Pronasi sendiri adalah gerakan telapak kaki yang mengayuh masuk ke dalam saat berlari.

Telapak dengan pronasi berlebih biasanya lebih menekuk ke dalam. Alhasil, tepi bagian dalam sepatunya lebih cepat menipis. Hal sebaliknya pada pronasi kurang yang membuat kedua telapak kaki menguncup ke dalam. Itu mengapa jenis lari Anda harus dipahami dengan baik sebelum membeli sepatu lari.

3. Perhatikan Fitur Fisik Sepatu Lari

Untuk hal ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sepatu.

– Pilih sepatu yang nyaman untuk digunakan. Anda tak boleh percaya dengan mitos sepatu akan longgar setelah sering digunakan. Ini bukan hal yang pasti selalu terjadi. Karenanya, ada baiknya Anda mendapatkan kenyamanan sejak awal membeli sepatu lari.

– Jangan memilih sepatu yang pas-pasan dengan kaki. Agar nyaman, harus ada jarak sebesar ibu jari dari ujung sepatu ke jari kaki. Untuk mengetesnya, Anda harus menggerak-gerakkan jari kaki saat memakai sepatu tersebut.

– Pertimbangkan fitur bantalan seperti celah untuk ventilasi agar suhu di dalam sepatu tetap stabil.

– Setelah itu, Anda harus melihat harganya. Anda tak harus memilih yang mahal, tapi juga jangan memilih yang paling murah. Pilihlah harga yang tak terlalu mahal ataupun murah. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah, tapi tingkat ketahanannya justru buruk.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close