Sportainment

Tips Memilih Sarung Tangan untuk Muay Thai

Gloves atau sarung tangan menjadi salah satu perlengkapan wajib untuk olahraga muay thai. Tanpa perlengakapan ini, latihan muay thai yang Anda lakukan tak akan berjalan maksimal.

Satu hal yang pasti, ada perbedaan antara sarung tangan muay thai dan sarung tangan tinju meski secara keseluruhan hampir sama. Nah, bagi para pemula yang ingin mencoba olahraga Muay Thai, ini adalah salah satu peralatan yang wajib Anda miliki terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana kriteria yang bagus untuk pemilihan sarung tangan Muay Thai? Berikut kami rangkum tips dan kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum membelinya.

1. Bobot

Satuan untuk bobot sarung tangan muay thai adalah gram atau Ounce/Oz. Ukurannya mulai dari 6 oz, 8 oz, 10 oz, 12 oz, 14 oz, dan 16 oz. Ukuran tersebut juga dipengaruhi ukuran telapak tangan.

Logikanya, semakin besar ukuran telapak tangan, semakin berat sarung tangan yang harus dipilih. Lalu, jika ingin latihan berjalan maksimal, cobalah memakai sarung dengan bobot lebih berat saat latihan. Itu agar saat pertandingan Anda akan merasa lebih ringan dengan sarung tangan yang standar.

2. Model

Ada dua model yang dikenal dalam sarung tangan tinju dan muay thai, yakni Meksiko dan Thailand. Sarung tangan model Meksiko memiliki pergelangan tangan yang rata, tak seperti Thailand yang pergelangan tangannya bulan.

Selain itu, ada dua pilihan strap yang bisa dipertimbangkan, yaitu perekat Velcro dan tali. Ini hanya soal pilihan dan selera saja. Sarung tangan dengan tali akan jauh lebih kencang saat dipakai, tapi untuk memakai dan membukanya membutuhkan bantuan orang lain.

3. Bahan

Pemilihan bahan sangat berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan. Beberapa bahan yang umum digunakan adalah kulit, semi kulit, polyutherine atau kulit imitasi, dan microfiber. Untuk bahan dari kulit imitasi akan dibanderol dengan harga murah, tapi tak cukup awet.

Di Thailand, sebagian besar bahan yang digunakan adalah kulit atau semi kulit yang berasal dari kulit sapi. Bahan dari kulit akan membuat bobotnya lebih ringan dan lebih tahan lama. Bahan microfiber dan serat sintetis juga banyak digunakan, bahkan disebut-sebut lebih baik dari kulit asli.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close