Multisport

Tips Memilih Samsak Tinju Terbaik untuk Latihan di Rumah

Kalau Anda ingin berlatih tinju, tetapi tidak ingin mengeluarkan uang untuk membayar biaya keanggotaan di gym atau sasana tinju, membeli samsak tinju mungkin bisa jadi solusi yang terbaik. Dengan alat ini dan beberapa video tutorial tinju di YouTube, bisa saja Anda pelajari teknik dasar tinju secara otodidak.

Namun, memilih peralatan ini bukanlah perkara mudah. Ada banyak yang hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda agar tidak salah memilih.

1.      Ukuran dan bobot

Produsen biasanya merekomendasikan bobot setengah dari berat badan penggunanya. Mengapa demikian? Alat ini tidak akan berayun terlalu sering saat Anda memukul dengan kuat.

Namun, banyak petinju atau petarung MMA yang lebih memilih dengan berbobot ringan. Karena ketika dipukul, alat akan berayun lebih tinggi dan lebih lama. Ayunan dari alat ini bisa dibayangkan seperti gerakan lawan. Ini bisa dimanfaatkan untuk melatih kelincahan reflek langkah kaki dan akurasi pukulan.

Sedangkan yang berukuran besar cocok untuk melatih kekuatan pukulan dan tendangan. Namun, alat ini tidak cocok untuk melatih kecepatan dan akurasi.

2.      Pilih yang sesuai kebutuhan

Dulu, alat ini hanya tersedia dalam satu bentuk. Namun, perkembangan teknologi membawa perubahan yang menarik ke dunia ini. Alat ini kini tersedia dalam bentuk Wrecking Ball dan Body Opponent Bag (BOB).

Seperti yang Anda tahu, bentuk samsak yang tradisional hanya bisa digunakan untuk melatih pukulan straight, jab, hook, tetapi tidak bisa digunakan untuk latihan uppercut.

Wrecking Ball bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin melatih semua jenis pukulan. Namun, Wrecking Ball tentu saja memiliki kekurangan.

Sedangkan bentuk Body Opponent bisa menjadi solusi untuk melatih berbagai macam pukulan dan tendangan. Alat ini tidak akan berayun dan tetap tidak bergerak di permukaan lantai. Sehingga bisa menjadi pilihan sempurna untuk Anda yang ingin latihan berbagai jenis pukulan dan tendangan.

3.      Pahami bahan penyusunnya

Saat ini, terdapat berbagai pilihan bahan yang dijual di pasaran, seperti kulit asli, kulit sintetis, kanvas, dan vinyl. Bahan dari kulit asli tentunya memiliki kualitas yang baik karena tahan lama. Dengan perawatan yang rutin, alat ini bisa bertahan hingga belasan tahun. Namun, harga yang ditawarkan biasanya cukup mahal.

Sedangkan bahan dari kulit sintetis memiliki tampilan yang kurang lebih sama dengan bahan kulit asli. Namun, daya tahannya tidak sekuat samsak tinju dari kulit asli. Namun, material ini cepat aus dan bisa sobek jika tidak dirawat dengan baik.

Pilihan bahan terbaik untuk saat ini adalah heavy duty vinyl karena karakternya yang tahan lama dan harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal. Alat yang bermaterial vinyl ini juga lebih mudah dibersihkan.

4.      Perhatikan jenisnya

Saat ini terdapat dua jenis samsak, yaitu jenis gantung atau berdiri. Dalam segi fungsi, jenis gantung lebih unggul karena alat ini memungkinkan untuk berlatih pukulan, tendangan, juga footwork dan akurasi. Ayunan dari tinju yang Anda hasilkan juga bisa kamu manfaatkan untuk melatih refleks gerakan.

Belakangan, jenis berdiri menjadi pilihan populer karena selain fungsinya tak kalah jauh dari jenis gantung, alat ini tidak perlu dipasang dan mudah  dipindahkan setelah selesai digunakan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close