Sportainment

Tips Memilih Raket Bulu Tangkis yang Baik

Raket menjadi hal yang sangat penting dalam permainan bulu tangkis. Jenis dan bahan dasarnya untuk pembuatannya pun bermacam-macam. Karenanya, ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum membelinya.

Secara tradisional, raket bulu tangkis terbuat dari kayu, alumunium, atau logam lainnya. Namun, kini hampir semua raket bulu tangkis terbuat dari komposit serat karbon.

Bagi Anda yang ingin membeli raket bulu tangkis, perhatikan beberapa tips berikut agar tidak salah memilih.

1. Gaya Permainan

Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda harus mengetahui karakter permainan Anda. Dengan memilih raket yang tepat, teknik dan kemampuan bermain Anda pun akan menjadi lebih maksimal. Ada raket yang dirancang untuk tipe permainan menyerang, tipe bertahan atau bisa juga gabungan dari keduanya.

Jika Anda memiliki gaya penyerang, piluh raket yang berbobot jenis 3U–2U seperti Yonex Arcsaber yang digunakan Taufik Hidayat. Jika Anda memiliki gaya bertahan, pilih raket dengan bobot yang tidak terlalu berat. Jenisnya 4U-3U dengan titik keseimbangan dari ujung grip 270-285 cm.

Dan jika Anda memadukan dari dua tipe permainan di atas, pilih raket jenis 3U. Raket ini memiliki tingkat fleksibilitas yang sedang. Contohnya adalah Yonex Carbonex 21, atau Carbonex 8000N.

2. Spesifikasi Raket

Bobot

Pada umumnya, raket terbagi ke dalam beberapa ukuran berat. Semakin tinggi angka U nya, semakin ringan pula raket tersebut. Sebaliknya, semakin rendah angka U nya, semakin berat raket tersebut.

U= 95-99 gram
2U= 90-94 gram
3U= 85-89 gram
4U= 80-84 gram
5U= 75-79 gram

Titik Keseimbangan

Sedangkan untuk melihat titik keseimbangan, caranya adalah dengan menghadapkan jari telunjuk ke atas dan tempatkan batang raket di atas tangan Anda. Geser batang raket sedikit demi sedikit sampai menemukan raket dalam keadaan seimbang. Jika jari telunjuk anda lebih dekat dengan frame/kepala raket maka ini adalah raket jenis power, namun jika jari telunjuk Anda lebih dekat dengan pegangan raket, maka ini adalah raket jenis control.

Kelenturan
Untuk mengetahui tingkat kelenturan raket yang akan dibeli, caranya adalah memegang kepala raket dan pegangannya. Cobalah membengkokannya dengan perlahan dan hati-hati.

Beberapa hal dari raket badminton dengan batang fleksibel:
– Memberikan pantulan yang bagus saat diayunkan
– Raket tipe ini cocok untuk pemain dengan tipe stroke atau bertahan
– Raket ini sangat baik dalam mengantisipasi smash keras dari lawan
– Cocok untuk para pemula yang baru belajar bulu tangkis karena tidak membutuhkan banyak tenaga
– Kurangnya kecepatan dalam mengembalian bola

Sedangkan raket dengan batang kaku:
– Pantulan yang kurang saat di ayunkan
– Raket ini paling bagus untuk melakukan serangan cepat
– Kelemahan dari raket ini adalah anda membutuhkan ayunan yang kuat atau aksi yang cepat dari pergelangan tangan

Bahan Raket
Pilih raket dengan bahan dasar yang berkualitas seperti carbon-fiber. Bahan ini mempunyai karakter aerodinamik dan ringan, tapi kuat dan tidak mudah berkarat. Raket ini nyaman digunakan dan lebih tahan lama. Anda pun bisa menggunakannya selama beberapa tahun tanpa kerusakan yang signifikan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close