Sportainment

Tips Memilih Matras Yoga untuk Pemula

Yoga kini menjadi salah satu olahraga favorit bagi banyak orang. Tak hanya perempuan, tapi juga untuk laki-laki. Itu karena yoga menghasilkan manfaat besar bagi kesehatan dan pikiran.

Ya, manfaat yang bisa didapat dari yoga adalah tubuh menjadi lebih segar dan bubar. Lalu, yoga juga bisa membantu diri Anda untuk mengurangi stres dan kegelisahan.

Ada banyak jenis yoga yang bisa dilakukan. Namun, sebelum memulai, sebaiknya Anda terlebih dulu mempersiapkan beberapa hal. Salah satunya soal peralatan. Dan peralatan yang paling dibutuhkan adalah matras.

Sebelum memmbelinya, ada beberapa hal yang harus Anda pahami soal matras yoga. Berikut penjelasannya:

1. Jangan Licin

Permukaan matras yoga tidak boleh yang licin. Fungsinya adalah agar tidak bergeser saat Anda melakukan beberapa gerakan yang fokus menggunakan kekuatan tangan. Masalahnya, kebanyakan matras yoga saat ini memiliki permukaan yang licin.

Soal itu, ada trik yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah menaburkan bubuk kapur tulis di permukaan matras dan bagian-bagian yang tak tersentuh.

2. Empuk

Pemilihan ini untuk meminimalisir risiko cedera. Sebagai pemula, akan lebih baik jika memilih matras yang empuk. Itu juga akan membantu Anda meningkatkan kekuatan sendi dan otot. Jika matras tipis, itu bisa membahayakan saat Anda melakukan gerakan-gerakan yang sulit.

3. Ketebalan Busa

Matras yang empuk bukan berarti haris memiliki ketebalan busa yang besar. Matras yang empuk biasanya justru memiliki busa yang tipis.

4. Tak Mengandung Racun

Matras yoga yang berbahan PVC mengandung banyak zat racun plastik yang tidak baik untuk tubuh. Untuk bisa memilih yang tepat, belilah matras yoga yang free-pvc seperti yang terbuat dari bahan karet alami.

5. Bobot Matras

Pilih matras yang berbobot ringan. Standar beratnya adalah 1,5 kg saja. Pahamilah, matras yoga yang baik tak harus memiliki bobot yang berat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close