Sportainment

Tips Memilih Berat Dumbbell untuk Pemula

Jika Anda ingin latihan angkat beban, jangan memilih dumbbell secara sembarangan. Apalagi jika Anda seorang pemula. Ada banyak yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah berat dumbbell.

Jika salah memilih berat dummbell, ada risiko cedera pada lengan Anda. Bahkan, bukan tak mungkin akan ada kerusakan otot hingga syarat terjepit.

Namun, jangan karena kekhawatiran ini Anda justru memilih dumbbell yang terlalu ringan. Jika itu dilakukan, latihan Anda tidak akan efektif. Pada akhirnya, tujuan dari latihan tersebut justru tak tercapai.

Nah, untuk para pemula, ada baiknya menyimak informasi di bawah ini saat ingin memilih berat dumbbell.

1. Jenis Kelamin

Meski bukan hal yang pasti, sebagian besar pria memiliki energi dan otot yang lebih kuat dibandingkan wanita. Karenanya, pria yang ingin fokus pada latihan dada dan punggung bisa memulainya dengan berat 4,5-9 kg.

Nah, untuk wanita yang biasanya fokus repetisi dan kecepatan bisa memulainya dengan bobot 2-4,5 kg.

2. Tingkat Kekuatan

Kekuatan pada masing-masing orang jelas berbeda. Tidak hanya berdasarkan jenis kelamin saja. Karenanya, memilih berat dumbbell juga harus didasarkan pada tingkat kekuatan yang lebih pasti.

Cara untuk mengetahuinya bisa lewat mengangkatnya dengan satu tangan. Berat yang sesuai dengan kekuatan Anda sekitar 60-70 persen dari beban tersebut. Jika Anda mampu mengangkat dumbbell 5 kg tanpa kehilangan keseimbangan, berarti berat yang cocok untuk Anda adalah 3 kg atau 3,5 kg.

3. Jenis Latihan dan Tingkat Kemahiran

Jika tujuannya adalah melatih otot dada, kaki, dan punggung, gunakan dumbbell yang beratnya menengah ke atas. Untuk dummbell ringan cocok digunakan untuk menstabilkan otot yang mendukung tendon dan persendian.

Jika tujuannya adalah melatih biseps, trisep, dan deltoid, gunakan berat dumbbell yang menengah ke bawah. Jangan lupa untuk menyesuaikan berat dumbbell dengan tingkat kemahiran Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close