BolaSportainment

Tips Jadi Gelandang Bertahan Hebat dalam Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola, posisi yang bakal mendapat perhatian besar adalah penyerang dan kiper. Penyerang akan disorot saat mencetak gol dan kiper saat melakukan penyelamatan gemilang.

Namun, bukan hanya dua posisi itu yang menjadi faktor penting dalam sepak bola. Posisi gelandang bertahan juga memiliki peran vital dalam sebuah pertandingan. Bahkan, ia bisa disebut sebagai pemain dengan tugas ganda.

Tak hanya membantu pertahanan, ia juga harus bisa menjadi penyambung agar timnya bisa melancarkan serangan. Karenanya, posisi gelandang bertahan harus dimainkan seorang yang memiliki visi permainan besar.

Namun, untuk menjadi gelandang bertahan yang hebat dalam sepak bola tidak mudah. Anda harus terlebih dulu menyimak beberapa tips berikut.

1. Jangan Berhenti Bergerak

Salah satu tugas gelandang bertahan adalah memutus atau memblokir serangan lawan. Itu mengapa Anda tak boleh bersikap pasif atau tidak boleh berhenti bergerak. Itu karena Anda harus merusaka memotong operan lawan dan mencuri bola.

Karenanya, dibutuhkan stamina yang kuat bagi seorang gelandang bertahan. Saat tim kehilangan bola, Anda harus berlari ke arah bola dan mencoba merebutnya.

2. Kemampuan Passing

Untuk menjadi gelandang bertahan yang hebat, Anda juga harus memiliki kemampuan passing dengan akurasi yang baik. Itu karena lapangan tengah menjadi bagian penting dalam pertandingan sepak bola. Dari sektor tengah, serangan bisa dimulai.

Dan saat melihat sedikit celah, Anda juga harus bisa melakukan umpan panjang untuk menerobos pertahanan lawan. Di sini kemampuan passing yang baik dibutuhkan. Akurasi saat mengoper bola harus baik agar tidak direbut lawan.

3. Jaga Fokus dan Berpikir Cepat

Dua hal ini sangat dibutuhkan bagi seorang gelandang bertahan. Anda harus terbiasa berpikir cepat saat mendapat bola dan jangan terlalu lama memegang bola. Jika terlalu lama menguasai bola, risiko bola direbut lawan pun semakin besar.

4. Berduel dengan Pemain Berpostur Besar

Jika ingin menjadi gelandang bertahan yang baik, jangan pernah ragu menghentikan pergerakan pemain dengan postur besar. Biasanya, pemain dengan postur besar memiliki pergerakan yang lambat. Anda harus bisa memanfaatkan kekurangan tersebut.

5. Jaga Komunikasi

Salah satu tugas pemain tengah adalah terus berkomunikasi dengan rekan setim. Kunci sebuah kemenangan adalah kerjasama tim yang baik dan lancar. Kerjasama membutuhkan komunikasi yang baik pula. Apalagi untuk seorang gelandang bertahan yang bertugas mengontrol alur permainan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close