Sportainment

Tips Dasar Memancing di Laut Agar Dapat Tangkapan yang Memuaskan

Bagi yang hobi, memancing di laut bukan perkara yang membosankan. Mau dua jam, tiga jam, bahkan seharian rasanya tidak akan cukup. Apalagi jika saat itu sedang banyak tangkapan.

Namun sayangnya, memancing di laut tak semudah memancing di medan-medan lain, seperti sungai ataupun danau. Banyak orang yang memancing di laut tapi justru tidak mendapatkan apa-apa.

Padahal laut merupakan ekosistem ikan yang paling besar. Jumlah ikan di sana tak terhitung jumlahnya. Tapi pas dipancing tidak ada satupun ikan yang nyangkut.

Nah, biar tidak zonk, simak tips dasar memancing di laut agar mendapat tangkapan ikan yang sesuai.

1. Pilih waktu yang tepat´╗┐

Memancing di laut sering dianggap kegiatan yang sifatnya untung-untungan. Dapat ikan atau tidak, tergantung tingkat keberuntungan.

Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Memancing di laut harus memperhitungkan waktu. Memilih waktu yang tepat akan mempengaruhi hasil tangkapan.

Ada beberapa waktu yang tepat ketika memancing di laut, seperti saat matahari terbit dan tenggelam. Jika Anda memancing di malam hari cobalah di waktu ketika bulan sedang naik dan waktu ketika bulan sedang turun. Kedua waktu itu berpengaruh pada aktivitas ikan termasuk mencari makan.

2. Mengetahui teknik memancing di laut

Banyak titik yang dapat dipilih ketika memancing di laut. Setiap titik memiliki spesies ikan yang berbeda-beda. Sehingga memerlukan teknik memancing yang berbeda pula.

Titik itu antara lain, di batu karang, pinggir pantai, dermaga, atau bahkan di tengah laut. Semuanya memiliki teknik yang berbeda.

Jika Anda memilih spot karang, berarti Anda harus menggunakan teknik rockfishing. Sedangkan jika memancing di pinggir pantai, teknik yang tepat adalah surfishing.

Sementara itu jika Anda memancing di dermaga Anda bisa menggunakan teknik pierfishing. Sedangkan jika Anda mancing di tengah laut Anda bisa menggunakan teknik bottom fishing, jerking, drifting, maupun trolling tergantung jenis ikan apa yang akan disasar.

3. Umpan dan peralatan yang sesuai

Setelah mengetahui waktu dan tempat yang tepat, hal yang tak kalah penting adalah memilih umpan dan peralatan yang tepat. Ada banyak jenis umpan dan perlatan memancing. Tentu saja, semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Ketika Anda memilih spot di batu karang maka teknik rockfishing akan lebih tepat jika Anda menggunakan joran yang kuat dan senar berukuran sedang karena ikan karang biasanya didominasi ikan yang besar.

Umpan yang digunakan pun berupa irisan ikan, udang hidup, cacing, kepiting, juga bisa menggunakan umpan tiruan.

Sedangkan jika memancing di pinggir pantai, Anda bisa menggunakan joran berukuran 5 meter. Dalam teknik ini Anda harus menggunakan timah pemberat agar umpan tidak terombang-ambing di pantai.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close