Sportainment

Tips Belajar Skateboard untuk Pemula

Skateboard kini menjadi salah satu olahraga yang cukup digemari. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya. Itu karena skateboard membutuhkan ketangkasan yang dikombinasikan dengan berbagai trik.

Meski begitu, bukan berarti pemula tidak bisa belajar skateboard dengan cepat. Bagi Anda yang baru ingin memulai, tak perlu khawatir. Ada beberapa cara agar Anda bisa belajar dengan cepat.

Untuk mengetahuinya, simak penjelasan di bawah ini:

1. Aksesoris skateboard

Sebelum memulai latihan, setidaknya Anda harus mengetahui aksesoris apa saja yang dibutuhkan dalam bermain skateboard. Yang harus Anda pilih adalah aksesoris yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan.

Anda wajib menggunakan helm, sepatu, pelindung siku dan kami sebagai pengaman. Soal sepatu, Anda harus memilih sepatu dengan alas yang rata agar tidak licin saat berada di atas papan skateboard.

2. Papan Skateboard

Langkah selanjutnya adalah membeli papan skateboard. Ada dua macam skateboard yang harus diketahui, yakni papan skateboard untuk transportasi yang ukurannya lebih besar dibandingkan skateboard yang khusus untuk bermain trik.

Betul, skateboard untuk transportasi juga bisa digunakan untuk trik, tapi itu akan terlalu berat. Pilih yang berkualitas, jangan sal beli lalu tiba-tiba patah. Anda bisa mengajak orang yang paham soal skateboard saat membelinya.

3. Berdiri di Atas Papan

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat memulai latihan adalah belajar berdiri dengan baik di atas papan. Anda harus melatih keseimbangan tubuh ketika melakukannya.

Ada dua macam cara berdiri di atas papan skateboard, yakni dengan cara goofy (kaki kanan di depan) dan regular (kaki kiri di depan).

4. Belajar Meluncur

Setelah itu, Anda harus berani menggerakkan papan saat berdiri di atasnya. Anda bisa melaju secara perlahan dengan menggunakan kaki lainnya untuk mendorong. Jangan lupa untuk terus menjaga keseimbangan. Caranya bisa dengan mencodongkan beban tubuh ke bagian depan.

5. Berbelok dan Mengerem

Setelah mencoba untuk meluncur hingga melakukan dorongan, kini saatnya untuk belajar berbelok. Caranya adalah menggeser berat badan badan Anda ke arah sisi yang ingin Anda tuju. Memang tak mudah dilakukan, tapi di situlah keyakinan Anda akan teruji.

Lalu, Anda juga harus belajar caranya mengerem. Jika tidak, risiko kecelakaan dengan menabrak sesuatu akan terus menghantui ANda. Cobalah melepaskan kaki belakang dan biarkan menyentuh tanah untuk mengerem. Anda juga bisa menggunakan tungkak jika merasa lebih nyaman.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close