Sportainment

Tips Asah Kemampuan Jumping Smash Bola Voli

Ada beberapa teknik yang harus dikuasai setiap pemain bola voli. Salah satunya adalah jumping smash. Ini adalah teknik di mana seorang pemain melakukan smash sambil melompat tinggi.

Bisa dibilang, jumping smash menjadi salah satu kunci dalam permainan bola voli. Pemain akan lebih mudah melakukannya jika memiliki postur tinggi. Pasalnya, jumping smash yang berpostur tinggi akan lebih sulit diblok pemain lawan.

Jika banyak pemain yang menguasai teknik ini di dalam satu tim, tim tersebut memiliki peluang besar untuk memenangkan pertandingan bola voli. Sebelum itu, ada beberapa faktor yang harus Anda ketahui soal jumping smash.

1. Memperhatikan awalan

Guna mendapatkan posisi yang ideal, memperhatikan awal menjadi hal yang sangat penting. Ini bisa dilakukan dengan mengambil beberapa langkah untuk mendapatkan posisi yang tepat. Sebagian pemain mengambil langkah tersebut agar bisa melompak lebih tinggi.

2. Perhitungkan waktu tolakan

Anda juga harus bisa memperhitungkan waktu tolakan yang dibutuhkan. Ini bisa dilakukan dengan memberikan peluang pada kaki dan tumpuan agar mendapatkan kekuatan untuk melompat. Semakin bagus perhitungan Anda, semakin besar pula tenaga yang dikeluarkan.

3. Menunggu timing tepat

Saat ingin melakukan jumping smash, Anda juga harus memperhitungkan waktu yang tepat. Maksudnya adalah memperhitungkan waktu lompatan hingga mengambil posisi untuk smash. Anda juga harus melakukan gerakan tangan yang bisa mempermudah untuk melakukan smash.

4. Pendaratan ideal

Posisi dan waktu pendaratan juga menjadi hal yang harus diperhitungkan. Tujuannya adalah untuk menghindari risiko cedera akibat posisi mendarat yang tak ideal.

Selain faktor-faktor di atas, Anda juga harus melakukan beberapa tips berikut:

1. Pemanasan

Pemanasan dibutuhkan sebelum Anda melakukan berbagai porsi latihan. Ada banyak cara untuk melakukan pemanasan. Tujuannya juga untuk meminimalisir risiko cedera atau kerap saat latihan.

2. Latihan lari

Latihan ini bisa dilakukan selama kurang lebih 20 menit. Tujuannya untuk meningkatkan kekuatan otot pada bagian pangkal paha hingga betis. Latihan lari juga bisa membuat Anda mendapat kekuatan untuk melompat.

3. Lompat tangga

Latihan ini bisa dilakukan dalam durasi 15-20 menit. Fungsinya adalah memperkuat otot kaki dan memudahkan Anda untuk mendapatkan timing tepat saat melompat.

4. Lompat tali

Latihan ini akan memberikan kemudahan dalam menentukan keseimbangan saat melompat. Cobalah untuk menggunakan beban pada bagian kaki. Beban tersebut biasanya diikat pada betis.

5. Lompat dengan alat sederhana

Alat sederhana yang dimaksud bisa dengan menggunakan kursi atau furnitur lain dengan tingkat ketinggian yang tak berlebihan. Sebagian pemain profesional biasanya melakukan ini untuk menghasilkan lompatan yang lebih baik

6. Push up, set up, hingga pull up

Latihan fisik ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan lompatan yang ideal. Selain itu, latihan ini juga bisa memperkuat kekuatan dan kecepatan tangan saat melakukan smash.

7. Latihan gerakan kombinasi

Gerakan kombiasi bisa dimulai dengan berlari di tempat dalam hitungan tertentu dan dilanjutkan dengan push up. Gerakan lain yang bisa dimasukkan adalah melakukan lompatan berulang kali. Namun, latihan ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari cedera.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close