Sportainment

Tidak Hanya Membakar Kalori, Berikut 5 Manfaat Latihan Samsak Tinju

Samsak adalah kantong pasir yang digunakan dalam latihan bela diri. Kantong pasir yang memiliki ukuran cukup besar ini menjadi salah satu sarana latihan pukulan dalam setiap cabang olahraga bela diri.

Meskipun terlihat sepele, namun untuk para petinju atau pelaku beladiri, samsak sangatlah penting karena memang banyak sekali manfaat samsak yang dapat diperoleh. Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan tinju pada samsak:

1.      Memperkuat pukulan tangan

Salah satu tujuan utama dari latihan tinju samsak adalah untuk memperkuat pukulan. Hal ini sangat diperlukan mengingat pukulan tangan yang kuat menjadi poin penting dalam bela diri.

Pukulan ke arah samsak yang berat akan membuat tangan jadi terbiasa untuk memukul dengan keras sehingga otot tangan pun akan jadi lebih kuat.

2.      Melatih kecepatan tangan

Samsak tidak hanya bermanfaat untuk melatih kecepatan pukulan atau tendangan saja. Namun juga melatih kecepatan bergerak. Dengan menggunakan samsak, petinju maupun pelaku beladiri lainnya akan dapt berimajinasi berhadapan dengan lawan kemudian melancarkan serangan-serangan pada sasaran. Tentu hal ini membutuhkan gerakan-gerakan lincah dan cepat.

3.      Melatih ketepatan pukulan

Bukan hanya soal kekuatan dan kecepatan, pukulan tinju yang baik juga memerlukan ketepatan pukulan. Apa jadinya kalau setiap pukulan justru meleset?

Dengan latihan tinju samsak, maka tangan akan dilatih untuk memukul dengan lebih tepat ke arah sasaran. Hal ini tentunya sangat penting dalam pertandingan mengingat poin yang diperoleh berdasarkan bagian tubuh yang terkena pukulan

4.      Menaikkan masa otot

Latihan tinju menggunakan samsak juga sangat baik untuk mendapatkan tubuh yang proporsional. Ketika melakukan pukulan ke arah samsak, otot pun akan ikut tegang sehingga menaikkan massa otot.

Dengan otot yang kencang, tubuh pun akan ikut terbentuk dengan baik. Otot juga akan jadi lebih simetris karena digunakan dengan baik.

5.      Melatih keseimbangan tubuh

Gerakan pukulan ke arah samsak juga akan membantu tubuh untuk saling berkoordinasi dengan baik. Otak dan tubuh akan saling bekerjasama dalam melakukan pukulan sehingga keseimbangan tubuh juga akan ikut dilatih menjadi lebih baik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close