Sportainment

Suka Aktivitas Berkemah? Berikut Tips Memilih Tenda Gunung yang Tepat

Saat berkemah di alam terbuka, ketahanan dan keamanan tenda gunung adalah faktor yang sangat penting. Tenda yang digunakan harus bisa menjadi tempat beristirahat sekaligus tempat berlindung.

Hampir mirip dengan ketika akan membeli jaket outdoor, banyak pilihan dan juga banyak fitur-fitur yang ditawarkan. Memilih tenda gunung yang baik adalah keseimbangan antara harga dan spesifikasi yang ditawarkan. Pastikan spesifikasi tenda yang akan dibeli sesuai dengan gaya Anda saat beraktivitas di alam bebas.

Memilih tenda gunung merupakan hal yang harus disesuaikan dengan kebutuhan pendakian Anda. Ikuti tips berikut agar Anda lebih memahaminya.

1.      Bahan harus tahan air dan udara

Apakah Anda mau berkemah di pantai, atau gunung? Di mana pun lokasi berkemah, tenda gunung harus bisa melindungi dari hujan dan angin terutama pada malam hari yang cenderung berudara dingin. Pilih tenda camping yang berbahan nilon karena bahan ini memiliki kemampuan untuk menahan air dan udara untuk masuk ke dalam tenda.

Kepadatan serat nilon dihitung dengan satuan Denier yaitu kepadatan serat nilon per 9.000 meter kain nilon. Ada tenda yang tersedia dalam tebal 420D, 600D, atau bahkan 1050D. Semakin besar angkanya, semakin kuat dan semakin berat kain nilon yang digunakan pada tenda.

2.      Pilih ukuran yang sesuai

Selalu pilih satu ukuran di atas jumlah orang yang akan mengisi tenda gunung. Sebagai contoh, jika tenda akan diisi oleh 2 orang, pilihlah tenda yang berkapasitas 3 atau 4 orang. Anda akan membutuhkan ruang untuk menyimpan tas gunung dan pergerakan selama tidur. Jadi, lebih baik pilih yang sedikit lebih besar daripada kenyamanan terganggu karena tenda terasa sempit.

Selain itu, jangan pilih tenda yang terlalu tinggi. Normalnya, tinggi tenda adalah 40 inci atau sekitar 1 meter. Ingat, semakin tinggi tenda, semakin rentan pula ia tertiup angin. Tenda yang lebih rendah akan tahan terhadap tiupan angin malam.

3.      Frame dan pasak

Bahan frame yang paling sering ditemukan adalah fiber hitam dan berat dalam berbagai ketebalan. Pada tenda lainnya, sudah menggunakan frame alumunium yang lebih ringan dan kuat namun harganya sedikit lebih mahal dari frame fiber.

Pasak tenda akan sangat membantu Anda untuk menjaga tenda gunung agar tidak terbang tertiup angin. Pastikan pasak tidak berbahan yang mudah berkarat dan juga tidak mudah melengkung, karena Pasak salah satu komponen yang penting namun mudah rusak atau hilang.

4.      Wajib memiliki flysheet

Fungsi flysheet adalah untuk menahan kondensasi dan mencegahnya terjadi di dalam tenda. Flysheet memberikan tenda perlindungan lebih terhadap cuaca serta membuat udara di dalam tenda jadi lebih hangat. Kalau Anda berencana untuk berkemah di gunung, flysheet wajib memiliki fitur yang kuat dan aerodinamis.

5.      Jahitan wajib memiliki steel

Pada saat membeli tenda gunung, bentangkan tenda dan teliti setiap bagiannya. Perhatikan sambungan dan jahitan yang ada di dalam dan luar tenda. Pastikan semua sambungan tersebut memiliki seal yang terbuat dari karet atau plastik.

Jahitan yang baik akan memastikan udara dingin dan air hujan tidak masuk ke dalam tenda pada saat Anda berkemah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close