Sportainment

Simak 4 Tips Bersepeda Jarak Jauh untuk Pemula

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berolahraga, salah satunya adalah bersepeda. Selain bisa menikmati perjalanan, bersepeda kini menjadi olahraga pilihan karena bisa berinteraksi langsung dengan alam.

Semakin lama menggeluti olahraga bersepeda, semakin tertantang pula Anda untuk melakukan perjalanan jauh dengan sepeda. Apalagi bagi mereka yang sudah merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendandani sepedanya.

Nah, tapi jangan terlalu kelewat percaya diri untuk langsung bersepeda jarak jauh bagi Anda yang belum mencobanya. Ada beberapa tips bersepeda yang bisa dilakukan bagi pemula yang ingin mencobanya.

1. Latihan Teratur

Bersepeda jarak jauh lebih sulit dilakukan jika tak disertai latihan yang rutin terlebih dahulu. Itu karena tenaga Anda akan lebih cepat habis dan tubuh menjadi lebih mudah letih. Jadi untuk melatih pernapasan serta otot agar tidak kaget saat mengayuh pedal, sering-seringlah melakukan latihan bersepeda, minimal sehari menempuh 2 km.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum bersepeda dalam jarak jauh. Jangan sampai Anda melakukannya dengan kondisi perut kosong atau kekenyangan.

Jauh lebih baik jika mengonsumsi tinggi serat, seperti buah-buahan di malam hari. Kandungan serat yang tinggi, apalagi juga kaya mineral, akan menjadi suplemen alami untuk tabungan energi.

3. Kayuh dengan Teknik Tepat

Salah dalam cara mengayuh sepeda bisa membuat energi Anda terkuras dengan cepat. Lakukan dengan teknik yang benar, yakni 70 persen dari detak jantung. Tak perlu alat detak jantung untuk mengeceknya. Jika bisa mengeceknya dengan cara mencoba menyelesaikan satu kalimat dalam berbicara saat sedang mengayuh sepeda.

4. Atur Posisi Gir

Bagaimana performa sepeda sangat dipengaruhi pada posisi gir. Atur gir sesuai kenyamanan untuk diri Anda sendiri. Jika terasa berat saat mengayuh, segera ganti gir ke posisi yang lebih ringan agar tidak menyiksa.

5. Pahami Kemampuan Diri Sendiri

Untuk bersepeda dalam jarak jauh, persiapan fisik dan alat menjadi faktor yang sangat penting. Namun, tak kalah penting adalah memahami kemampuan diri sendiri. Bersepeda jarak jauh tak mudah dilakukan, harus banyak berlatih. Namun, perlu untuk mengendalikan diri agar tidak terlalu terburu-buru saat mengayuh. Itu akan membuat Anda kelelahan di tengah perjalanan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close