Sportainment

Sering Migrain? Atasi dengan 5 Gerakan Yoga Berikut Ini

Belum tentu sakit kepala yang Anda alami itu karena sedang pilek atau hal lainnya. Sakit kepala jaman sekarang ini lebih banyak dipengaruhi oleh lifestyle, stres serta tekanan pekerjaan. Yang sebenarnya, tak perlu memakai obat-obatan, Anda bisa menyembuhkannya.

Migrain misalnya, dapat disembuhkan tanpa harus minum obat. Dengan cukup istirahat dan minum air putih, migrain akan perlahan hilang dengan sendirinya.

Tetapi, kalau masih belum sempat istirahat, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi sakit kepala?

Ada 5 gerakan yoga yang dapat mengatasi sakit kepala dengan instant. Efeknya sama baik seperti saat Anda mengonsumsi obat-obatan, namun dengan nilai plus tak perlu mengonsumsi obat kimia.

1.      Standing forward fold

Standing forward fold ternyata merupakan salah satu asana yang paling populer untuk menghilangkan sakit kepala. Gerakan yoga ini ampuh menyegarkan kembali sistem saraf dengan cara meningkatkan suplai darah sekaligus menenangkan pikiran.

Cara mempraktekkannya juga mudah dan tak butuh ruang besar. Cukup berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, lalu bungkukkan badan ke depan. Usahakan kepala dan leher rileks ketika melakukannya.

2.      Child pose

Child pose dalam gerakan yoga juga berperan untuk mengatasi migrain. Untuk melakukannya, berlututlah di atas matras yoga, lalu duduklah di atas tumit dan duduklah dengan tegak. Tenangkan diri dengan menarik dan menghembuskan napas.

Lalu secara perlahan rebahkan kepala hingga menyentuh matras, sementara tangan biarkan terbuka ke depan. Tahan posisi ini setidaknya satu menit.

3.      Legs up the wall

Menyandarkan kedua kaki ke dinding ternyata mampu menghilangkan sakit kepala. Hal ini karena gerakan yoga tersebut juga meregangkan otot-otot leher. Beberapa kalangan bahkan mengklaim pose rileks ini dapat menghilangkan sakit kepala dalam hitungan menit.

Cara melakukannya tidak sulit. Duduklah di ujung matras dan posisikan pinggul kanan menyentuh dinding. Selanjutnya, putar tubuh sedikit sehingga Anda sekarang berbaring terlentang di atas matras. Rentangkan kaki agar bersandar ke dinding.

Pastikan pantat hampir menyentuh dinding, dan kaki lurus rapat ke atas. Letakkan tangan di atas perut, rileks sambil tutup mata. Selama 3-10 menit berikutnya, bernafaslah dalam dan pelan dalam posisi ini.

4.      Downward facing dog pose

Sakit kepala ternyata juga dapat lenyap dalam hitungan menit berkat gerakan yoga Downward Facing Dog Pose. Alasannya karena pose yang meregangkan hamstring, dada, serta tulang belakang ini merangsang aliran darah ke kepala. Hanya pastikan untuk fokus pada nafas dalam ketika mempraktekkannya, dan biarkan kepala menggantung di antara bahu.

Menariknya lagi, selain sakit kepala, pose ini juga ampuh meredakan lelah, sakit punggung, dan otot kaku akibat duduk seharian.

5.      Happy baby pose

Lantas bagaimana jika sakit kepalanya kira-kira disebabkan oleh sakit punggung?! Berhentilah sejenak dari rutinitas dan tenangkan diri dengan mempraktekkan Happy Baby Pose.

Berbaringlah di atas matras sambil menekuk kedua lutut, pegang paha atau ujung jari kaki. Goyangkan badan pelan ke kanan-kiri secara bergantian, supaya pinggul dan punggung bawah mengalami stretching.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close