MultisportSportainment

Selain Pakai Masker, Ini 6 Panduan Olahraga di Gym Saat New Normal

Pandemi virus Corona COVID-19 masih membayangi, namun sejumlah gym atau pusat kebugaran mulai bersiap memulai lagi aktivitasnya. Ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Penggunaan masker salah satunya, bakal jadi kewajiban bagi pengunjung pusat kebugaran. Kelengkapan ini wajib dipakai saat berada di tempat-tempat yang memungkinkan interaksi dengan sesama pengunjung lainnya.

Selain itu, jangan kaget jika pengelola mengharuskan pengunjung bawa handuk sendiri. Bukan pelit, ini dilakukan untuk menghindari risiko penularan virus Corona. Berikut beberapa panduan yang harus dipatuhi saat melakukan olahraga di gym pada era new normal.

1.      Jaga jarak aman

Meski belum ada bukti pasti yang mengatakan virus COVID-19 bisa menyebar melalui keringat, tapi menjaga jarak dari satu orang ke orang lain tetap wajib Anda lakukan. 

Pasalnya, ketika berolahraga, Anda maupun orang lain akan bernapas lebih cepat, sehingga bisa ada tetesan air liur yang keluar dari mulut. 

Apabila ini terhirup atau mengenai tubuh Anda dan tidak langsung dibersihkan, maka bisa saja Anda tertular virus penyakit yang dimiliki orang tersebut. Dalam masa pandemi ini, bukan tidak mungkin orang itu positif corona tanpa gejala. 

2.      Bawa matras dan perlengkapan sendiri

Handuk dan matras yoga yang biasanya merupakan fasilitas dari pusat kebugaran, kini tidak lagi disediakan. Handuk dan matras yang digunakan secara bersama akan berpeluang menularkan virus, termasuk virus Corona COVID-19.

3.      Hindari penggunaan sarung tangan

Penggunaan sarung tangan merupakan salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan masyarakat.  Bukannya menghindari Anda dari virus atau kuman penyebab penyakit, penggunaan sarung tangan justru bisa meningkatkan risiko tertular virus. Pasalnya, sarung tangan yang Anda gunakan akan terkontaminasi oleh virus dari benda luar.

Selanjutnya, secara tidak langsung Anda malah memegang ponsel atau botol minum yang dibawa selama sesi olahraga. Nantinya, virus ini akan berpindah ke ponsel atau botol minum, yang kemudian bisa berpindah lagi ke wajah maupun mulut Anda. 

4.      Tidak boleh ke tempat gym saat sakit

Sangat tidak dianjurkan untuk memaksakan diri pergi berolahraga apabila merasa kurang sehat. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penularan virus terhadap orang di sekitarnya.

5.      Mandi sebelum dan sesudah Latihan

Selain menjaga kebersihan, mandi sebelum dan sesudah olahraga sangat diwajibkan saat era pandemi ini. Hal ini diupayakan untuk menghilangkan virus yang menempel pada tubuh, sehingga dapat meminimalisir terpapar virus corona.

6.      Tetap gunakan masker

Meski tidak dianjurkan, tapi selama memasuki atau berada di area gym, Anda diwajibkan menggunakan masker. 

Hal ini berguna untuk mencegah virus masuk ke dalam saluran napas, yang nantinya bisa membuat tubuh jadi terinfeksi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close