MultisportSportainment

Sekilas Terlihat Sama, Ini 4 Perbedaan Sarung Tangan Muay Thai dan Tinju

Kendati sama-sama dipakai bertarung, ada perbedaan mendasar antara sarung tangan Muay Thai dan sarung tinju. Sarung tangan Muay Thai dirancang agar petarung tetap bisa menangkap dan memegang lawan. Sementara, sarung tangan tinju harus bisa memukul dengan baik tanpa melukai tangan pemain.

Pastikan Anda mengetahui perbedaan sarung tangan Muay Thai dan sarung tinju berikut, agar tidak salah membelinya.

1.      Dibagian telapak tangan

Dalam tinju, telapak tangan dipakai untuk menangkis pukulan. Tetapi, di Muay Thai para petarung membutuhkan kemampuan agar bisa menggenggam, meraih, hingga menangkap dan memegang tendangan kaki lawan. Karena perbedaan ini, sarung tangan tinju umumnya berbentuk membulat di bagian jari–jari. Desain ini dapat membantu membuat kepalan yang lebih nyaman dan alami.

Beberapa sarung tangan tinju juga diberi “ventilasi” di bagian telapak tangan agar sirkulasi udara bisa lebih lancar. Sementara, sarung tangan Muay Thai cenderung membentuk padding agar telapak tangan bisa lebih terbuka agar pemain bisa memegang atau menangkap dengan lebih mudah.

2.      Di bagian side padding

Dalam tinju, sisi telapak tangan atau side padding biasanya cukup aman dari benturan atau pukulan. Namun, seringkali tidak ada bantalan apa pun atau terlihat lebih tipis di bagian samping. Hal ini sangat berbeda pada sarung tangan Muay Thai.

Hampir semua sarung tangan Muay Thai memiliki bantalan yang lebih tebal di sisi samping telapak tangan. Fungsinya untuk menambah perlindungan ekstra pada petarung saat menghindari serangan lawan. Baik itu berupa tendangan, lutut dan siku.

3.      Di bagian ibu jari

Perbedaan lain antara sarung tangan Muay Thai dan tinju adalah posisi ibu jari atau jempol. Pada tinju, posisi jempol dilindungi oleh semacam padding atau bantalan empuk agar terhindar dari benturan atau pukulan. Kemudian, jempol juga akan dilekatkan dengan slot khusus agar tetap berada di tempatnya atau sepenuhnya terpasang dengan baik dan tidak mudah terlepas.

Sedangkan, pada sarung tangan Muay Thai, posisi jempol sedikit “terselip” agar dapat meraih atau menangkap gerakan lawan. Meskipun tidak semua sarung tangan Muay Thai dilengkapi fitur ini, tetapi kebanyakan sarung tangan Muay Thai posisi jempolnya agak melengkung atau tidak lurus.

4.      Di bagian pergelangan tangan

Selanjutnya, perbedaan antara sarung tangan Muay Thai dan tinju terdapat pada area manset atau bagian pergelangan tangan. Pada tinju, ukuran manset lebar dan tebal. Hal ini bertujuan untuk mencegah pergelangan tangan menekuk ketika mendaratkan pukulan.

Sementara, pada sarung tangan Muay Thai umumnya lebih pendek agar membantu pergerakan tangan petarung saat gerakan mengunci leher lawannya. Karena itu, sarung tangan Muay Thai umumnya sedikit lebih tipis dibanding sarung tangan tinju dan bisa ditarik ikatan talinya agar lebih kencang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close