Sportainment

Sebelum Menyelam, Pahami 4 Fungsi Wetsuit Ini

Bagi banyak perenang, wetsuit (pakaian selam) akan memberikan lebih banyak rasa percaya diri. Daya apung karena mengenakan pakaian selam akan selalu menjamin Anda muncul ke permukaan air.

Berikut adalah beberapa kelebihan serta manfaat memakai pakaian selam saat melakukan aktivitas atau olahraga air.

1.      Kehangatan

Bahan pakaian selam berupa material neoprene atau karet memerangkap lapisan air antara kulit dan pakaian. Air yang terperangkap kemudian dihangatkan oleh suhu tubuh dan membantu menjaga panas tubuh tetap stabil sehingga mencegah kondisi hipotermia di dalam air.

2.      Kemampuan mengapung

Wetsuit memberikan daya apung ekstra dalam air sehingga membuat berenang menjadi lebih mudah dan efisien.

Menggunakan pakaian selam membuat perenang bisa memfokuskan upayanya untuk bergerak maju, alih-alih membuang tenaga agar tetap bisa terapung.

Bahan yang lebih tebal dinilai memiliki daya apung lebih besar sehingga lebih mudah membantu mengangkat Anda ke permukaan air.

Daya apung besar akan membantu Anda berenang lebih efisien dan lebih cepat. Hanya saja, bahan yang tebal akan berakibat pada bobot pakaian selam yang lebih berat serta kurang fleksibel.

3.      Kecepatan

Pakaian selam membantu mengurangi hambatan di dalam air sekaligus menyediakan daya apung dan memberikan perenang posisi tubuh yang lebih baik sehingga menjadikan berenang lebih efisien.

Bahan pakaian selam memiliki permukaan lebih halus atau licin dari kulit, sehingga juga mengurangi gesekan dengan air.

4.      Menghemat energi

Saat berenang dalam jarak jauh atau melakukan olahraga triathlon, menggunakan pakaian selam akan menghemat tenaga Anda saat melakukan sesi berenang.

Wetsuit akan membantu Anda berenang lebih mudah, baik pada kecepatan sama tetapi dengan energi lebih sedikit, atau berenang lebih cepat tetapi dengan energi yang sama.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close