BolaMultisportSportainment

Sebelum Mencuci Sepatu Futsal, Perhatikan 5 Langkah Ini

Memiliki sepatu futsal yang selalu tampak seperti baru dibeli dari toko sepertinya jadi impian banyak pemilik sepatu olahraga ini. Dengan begitu, Anda juga semakin semangat setiap kali mengambil sepatu untuk dipakai bermain futsal.

Namun, bagaimana caranya? Perawatan adalah kunci. Sepatu yang paling baru dan mahal sekalipun akan cepat rusak kalau tidak dirawat. Perawatan juga harus dilakukan konsisten. Semakin telaten dalam merawat sepatu olahraga ini, pasti umur sepatu akan semakin panjang menemani Anda dalam bermain futsal.

1.      Beli sepatu yang asli

Sepatu yang diproduksi oleh pabrikan dengan merek ternama jadi salah satu jaminan bahwa produk sudah melewati proses quality control yang ketat. Pabrikan ini mempertaruhkan nama baik mereka ketika memasarkan produknya. Bandingkan dengan pabrik yang tidak percaya diri sehingga menggunakan merek sepatu lain. Mereka bisa lepas tanggung jawab bila pelanggan tidak puas atau kecewa dengan produknya.

Dari segi harga, sepatu original tentu lebih mahal. Tapi itu juga yang menjadikannya berharga. Anda jadi punya tambahan alasan untuk merawat dan mengusahakan agar sepatu olahraga Anda ini bertahan lama.

2.      Jika kotor segera bersihkan

Demi sepatu futsal yang selalu tampak baru, segera singkirkan kotoran-kotoran yang menempel pada semua bagian sepatu. Semakin cepat Anda membersihkan, tanpa menunda, semakin mudah kotoran itu dibersihkan. Waktu untuk mengeringkan juga jadi lebih lama sebelum sepatu itu Anda butuhkan lagi.

Jadi, setelah Anda memakainya, langsung bersihkan sepatu di bawah air hangat dengan debit yang kecil. Lalu, lap dengan kain atau gunakan sikat yang lembut. Bahkan jika hanya kotor ringan, lap pelan saja tanpa bersihkan dengan air.

3.      Sesuaikan dengan material sepatu

Ada berbagai macam material dalam pembuatan sepatu futsal. Untuk perawatan, Anda harus sesuaikan dengan material pada sepatu.  Bahan sepatu yang paling sulit dirawat ialah kulit hewan. Lantaran merupakan produk natural, kulit asli bisa lekas rusak jika tidak dirawat dengan baik. Perlu diketahui, bila bahan kulit sudah terlepas dari solnya, siap-siap untuk mengganti sepatu Anda.

Sebelum itu terjadi, jangan biarkan sepatu kulit basah terlalu lama. Segera keringkan. Air dengan cepat merusak bahan kulit. Sementara untuk sepatu dari kulit sintetis, perawatan terbaik ialah sering mencucinya dengan air hangat lalu sikat perlahan sampai kotoran hilang.

4.      Proses pengeringan

Ini merupakan proses yang tergolong penting. Ingat untuk tidak menjemur sepatu di bawah sinar matahari secara langsung. Agar lebih aman, jangan jemur sepatu di luar ruangan. Keringkan sepatu dengan temperatur ringan. Lupakan juga dryer meskipun Anda butuh sepatu kering secara cepat.

Panas hanya akan melelehkan lem pada sepatu sehingga bagian-bagiannya cepat lepas. Di sisi lain, suhu yang terlalu dingin membuat sepatu jadi kaku sehingga sepatu jadi tidak nyaman ketika dipakai.

5.      Semir dan pewangi

Kalau sepatu Anda sudah kering sempurna, sepatu sudah siap diajak bertempur. Namun, kalau standar Anda adalah sepatu yang selalu tampak baru dan kinclong, proses ini tidak boleh dilewatkan. Lindungi permukaan sepatu dengan semir yang disemprot atau digosokkan pada permukaan sepatu. Cairan pewangi juga bisa Anda semprotkan sehingga sepatu tambah bersih dan kaki Anda tetap wangi saat mengenakannya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close