Sportainment

Sebelum Memulai Fitnes, Kenali Dahulu Ragam Alat Fitnes dan Fungsinya

Bagi Anda yang baru memasuki dunia fitness, ada peraasaan gugup dan canggung dikarnakan masih belum mengetahui alat apa saja yang harus digunakan untuk latihan dan fungsinya tubuh kita.  Dengan mengetahui alat fitness dan fungsinya ini, diharapkan akan semakin membuat Anda lebih percaya diri dan juga pembekalan awal sehingga latihan fitness Anda lebih maksimal lagi nantinya.

Secara umumnya ada 2 jenis alat fitness yang akan Anda temui di tempat gym yaitu alat angkat beban dan juga mesin latihan. Alat angkat beban dan machine tools merupakan alat fitness yang berfungsi untuk membentuk badanmu dan juga bisa menjadi alat untuk melatih otot-otot seluruh tubuhmu.

1.      Treadmill

Jika melihat treadmill mungkin sudah terbayang untuk kegunaan alat ini yaitu untuk olah raga lari. Alat ini juga bisa membantu membakar lemak dalam tubuh dan untuk latihan cardio. Dengan alat treadmill, Anda bisa mengatur latihan sesuai dengan kebutuhan, serta mengatur tingkat kesulitan sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

2.      Leg press machine

Alat fitness leg press machine digunakan untuk latihan leg press dan berfungsi untuk membentuk otot paha dan otot betismu. Kamu bisa menambahkan tingkat kesulitan latihan leg press dengan mengatur beban sesuai dengan kemampuanmu.

3.      Lat pulldown machine

Alat fitness lat pulldown machine berfungsi untuk membentuk otot-otot punggung, di mana otot-otot utama yang bekerja adalah otot latissimus dorsi, otot teres major, dan otot posterior deltoid.  Otot yang dibentuk menggunakan alat lat pulldown machine adalah Otot trapezius, Otot Rhomboids, Otot Teres Major, Otot Erector Spinae.

4.      Chest press machine

Chest Press adalah alat untuk melatih otot pectoralis atau dada bagian tengah. Fokus latihannya seperti menggunakan alat fitness bench press namun dengan arah dorong ke depan. Keunggulannya adalah bentuk pegangan nya memungkinkan gaya dorong secara vertical atau horizontal yang memberikan efek tekanan yang berbeda pada otot dada.

5.      Pectoral machine

Jenis alat fitness ini dirancang untuk mengisolasi dan mempekerjakan bagian dada. Untuk benar-benar melakukan latihan ini, duduk menghadap kebelakang dengan menekuk siku 90° pada level pertengahan dada. Dorong gagang hingga berada di depan wajah Anda. Tarik napas saat membuka lengan dan keluarkan napas ketika menariknya lagi. Otot yang dibangun adalah otot dada dan bahu.

6.      Abdominal bench

Alat ini pada dasarnya adalah bench jenis menurun atau decline yang digunakan untuk melakukan latihan untuk otot perut dan salah satu alat fitnes untuk mengecilkan perut, yaitu sit up. Alat ini memiliki roller yang akan membantu menggantungkan kaki Anda, sehingga Anda tidak akan jatuh dari bench tersebut.

7.      Dumbbell

Dumbbell adalah barbell yang pendek, biasanya memiliki ukuran 10 hingga 15 inchi. Latihan dumbbell dilakukan dengan mengangkat dumbbell di setiap tangan. Dumbell adalah alat yang paling fleksibel dari semua alat yang ada di tempat gym. Karena hanya dengan Dumbell, Anda bisa melatih Hampir semua otot besar dan otot kecil tubuh Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close