MultisportSportainment

Sebelum Dipakai, Ini Tips Menghangatkan Kantong Tidur

Jangan sampai udara dingin bikin petualangan Anda jadi tidak nyaman. Apalagi kalau sampai sakit-sakitan di gunung.

Agar terhindar dari udara dingin, Anda harus benar-benar menyiapkan peralatan yang sesuai kebutuhan. Jaket gunung jangan sampai ketinggalan, serta Anda harus mengetahui trik agar kantong tidur yang Anda bawa bisa tetap hangat.

Tidak susah untuk menghangatkan kantong tidur, Anda hanya membutuhkan sedikit trik agar di dalam tenda tetap terasa hangat. Simak tipsnya berikut ini.

1.      Mengandalkan air panas

Biasanya kalau bermalam di gunung itu selalu menyiapkan api unggun. Ada yang menyiapkan kopi hangat, kalau yang lapar menyajikan mie instan.

kalau sudah selesai makan, siapkan lagi air panasnya. Ini bukan buat menyeduh kopi atau teh. Tapi untuk menghangatkan sleeping bag yang Anda bawa.

Caranya cukup mudah, Anda cukup memasukkan air panas ke dalam botol. Terus masukkan ke dalam sleeping bag yang sudah Anda siapkan di dalam tenda. Cara ini bisa membuat air di dalam botol bertahan lama dan tetap hangat saat diletakkan di dalam sleeping bag. 

Kalau sudah, kemudian Anda lakukan gerakan sit up. Hal ini berguna buat menimbulkan gelombang tubuh dan membuat sleeping bag jadi hangat.

2.       Memilih sleeping bag

Biasanya sleeping bag ini memiliki dua macam bentuk. Pertama yang bentuknya seperti mumi dan ada juga yang mirip selimut. Kalau buat di pegunungan itu umumnya pakai yang berbentuk mumi karena paling pas buat menghangatkan tubuh. Pilih juga yang ada tutup kepalanya.

Tutup kepala ini berfungsi menghangatkan kuping supaya nggak terpapar suhu dingin. Termasuk juga pipi buat mencegah hipotermia. Satu hal penting lagi, sleeping bag itu macam-macam jenis material. Pertama itu ada yang bahan parasut, lalu sintetis, dakron, dan bahan polar. 

Pilih sesuai kebutuhan Anda. Kalau bahan parasut itu karakternya ringan dilapisi bahan kapas atau bulu di bagian tengahnya. Jadi bisa lebih hangat.

Kalau sintetis itu karakternya ringan dan gampang kering. Sedangkan dakron, bahannya mirip isi yang ada di dalam boneka. Sifatnya ringan, hangat tapi bisa membuat ransel penuh. Terakhir, bahan polar yang unggul dari segi kehangatan. Ukurannya juga lebih minim.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close