MultisportSportainment

Poin Penting Memilih Pakaian Olahraga Wanita yang Tepat

Memilih baju olahraga wanita harus tepat guna, pikirkan tentang kenyamanan yang bisa diberikan. Selain itu, pakaian olahraga yang baik adalah yang mampu memberikan rasa hangat saat saat cuaca dingin dan merasa dingin saat cuaca panas.

Fungsi yang tidak kalah penting dari baju olahraga adalah kemampuan baju dalam menyerap keringat dengan baik. Untuk itu, pilihlah baju dengan bahan yang mampu mentransfer keringat dari kulit dengan baik. Hal ini berguna agar kelembapan tubuh tetap terjaga tanpa menghilangkan rasa nyaman pemakainya.

Tanpa baju yang tepat, olahraga justru bisa berujung kepada ketidaknyamanan fisik. Bahkan kelelahan, sakit, dan cedera mungkin bisa dialami saat berolahraga dengan baju yang keliru. Berikut tips memilih pakaian olahraga wanita yang tepat.

1.      Perhatikan pemilihan kain

Salah satu elemen terpenting dari baju olahraga wanita adalah bahan penyusunnya. Makin baik bahan yang digunakan, makin baik efeknya buat kenyamanan tubuh saat berolahraga. Beberapa panduan terkait bahan pakaian di bawah ini patut diperhitungkan.

  • Bahan katun

Banyak pakaian olahraga yang terbuat dari bahan katun. Meski mampu menyerap keringat dengan baik, bahan ini tidak bisa menguapkannya kembali dengan cepat sehingga bertahan lama di dalam serat pakaian. Hal inilah yang menyebabkan pakaian olahraga berbahan katun akan terasa berat dan lembap saat berolahraga. Dengan begitu, bahan ini cocok bila Anda ingin melakukan olahraga yang tidak terlalu mengeluarkan keringat.

  • Bahan sintetis

Pakaian olahraga berbahan sintetis biasanya dilengkapi dengan “sumbu” yang mampu mempercepat penguapan keringat langsung dari kulit. Bahan ini mungkin juga baik bagi Anda yang melakukan olahraga atau aktivitas lain di mana Anda banyak berkeringat. Namun, bahan ini mungkin bisa membuat Anda merasa tidak nyaman karena sebenarnya yang dilakukan bahan jenis ini adalah mempercepat penguapan, bukan menyerap keringat.

2.      Pemilihan baju harus sesuai

Selain bahan yang dipakai, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan saat memilih baju olahraga.

  • Pilih longgar atau ketat?

Pilih pakaian sesuai dengan kepribadian Anda. Apakah ingin mengaburkan bentuk tubuh dengan memilih pakaian longgar atau justru ingin menonjolkan bagian-bagian tubuh dengan memilih pakaian yang ketat. Namun, perlu diperhatikan agar pakaian tidak terlalu ketat di bagian sendi-sendi. Jangan sampai pergerakan Anda terganggu akibat pakaian yang sempit atau ketat. Baju yang terlalu ketat juga berisiko mengganggu aliran darah.

  • Gunakan bra khusus olahraga

Demi keamanan dan kenyamanan, para wanita sebaiknya menggunakan bra khusus olahraga juga. Hal ini diperlukan guna mendukung fleksibilitas dan perlindungan pada bagian payudara.

  • Sesuaikan dengan jenis olahraganya

Gunakanlah pakaian sesuai dengan bentuk olahraga yang dilakukan. Hindari memakai celana panjang saat bersepeda untuk meminimalkan risiko celana menyangkut pada pedal. Ketika berolahraga yoga atau pilates, gunakan pakaian yang memungkinkan Anda mampu bergerak leluasa.

  • Pakai sepatu olahraga yang tepat

Pastikan memilih sepatu sesuai dengan olahraga yang dilakukan. Pemilihan sepatu yang tepat penting guna melindungi kaki dari cedera dan meningkatkan kinerja. Walau mempunyai nama ‘sneaker’, ‘trainer’, ataupun ‘tennis shoes, bukan berarti seluruhnya cocok untuk berolahraga. Hindarilah sepatu yang daya redamnya rendah agar tidak membahayakan kaki dan tulang saat meloncat. Pilihlah sepatu sesuai dengan jenis kegiatan olahraga yang dilakukan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close