MultisportSportainment

Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Membeli Peralatan Mendaki Gunung

Kegiatan mendaki gunung sudah menjadi bagian dari hobi Anda? Kalau sudah menekuni hobi ini, tentu punya perlengkapan naik gunung yang lengkap, kan? Namun, perlengkapan naik gunung nggak bisa asal dibeli tanpa dipertimbangkan terlebih dulu. Kualitas barang menjadi hal yang diutamakan sebelum membeli perlengkapan mendaki.

Pasti Anda tidak mau kan kalau perlengkapan pendakian yang mudah rusak mengacaukan perjalanan? Selain itu, juga harus benar-benar bijak dalam membeli kebutuhan pendakian supaya tidak menguras kantong terlalu dalam. Agar tidak salah memilih, berikut tips sebelum membeli perlengkapan mendaki gunung.

1.      Membeli karena kebutuhan

Sebaiknya utamakan peralatan mendaki gunung yang memang benar-benar dibutuhkan. Perlu tahu, mana perlengkapan pribadi dan mana perlengkapan kelompok.

Perlengkapan pribadi contohnya, kantong tidur, tas gunung, sepatu hiking, jaket, pelindung kepala, sarung tangan, penerangan, rain cover tas gunung, dan lainnya. Ini semua hampir wajib untuk dimiliki sendiri. Daypack juga perlu dimiliki untuk dipakai saat menuju puncak.

Untuk kebutuhan kelompok nantinya dapat menjadi beban bersama. Anda dapat mempertimbangkan membeli kebutuhan kelompok setelah memastikan sudah membeli semua keperluan pribadi. Kalau masih ada anggaran lebih, belilah perlengkapan kelompok seperti peralatan masak, tenda, flysheet, dan lainnya.

2.      Pastikan original

Penting banget, Anda harus memastikan produk yang dibeli benar-benar original. Tidak ada yang mau bayar mahal untuk barang yang palsu, bukan? Produk yang original juga berfungsi maksimal saat dibutuhkan dan lebih nyaman saat digunakan dalam pendakian.

Jangan sampai sudah membeli jaket yang klaimnya tahan air tapi ternyata malah basah kuyup saat hujan turun. Basah-basah sepanjang pendakian tentu sangat tidak nyaman. Bisa-bisa nanti terserang flu dan nggak menikmati indahnya matahari terbit di puncak gunung.

3.      Jangan tawar menawar soal keamanan

Keamanan dalam melakukan pendakian selalu menjadi nomor satu. Jangan sekali-kali mengabaikan keamanan saat mendaki gunung. Anda pasti sudah tahu gambaran perjalanan menuju puncak gunung yang akan didaki.

Pastikan perlengkapan yang dimiliki sudah sesuai dengan standar keamanan yang dibutuhkan. Dalam hal ini, perlu juga memastikan beberapa teknologi yang dimiliki barang-barang yang sudah dibeli.

4.      Pakai sesuai fungsinya

Ada keuntungan jika memakai semua perlengkapan gunung sesuai fungsinya. Selalu berfungsi maksimal dan tahan lama. Anda bisa kewalahan jika mengenakan jaket yang hanya cocok dipakai saat matahari terik.

Lalu, bagaimana jika hujan tiba-tiba turun? Anda akan merasa nyaman jika jaket yang dikenakan cocok untuk segala cuaca, baik panas, hujan, bahkan berangin. Banyak pilihan jaket gunung berkualitas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan untuk menghadapi berbagai kondisi cuaca.

5.      Belanja online

Sekalipun memiliki budget yang dipersiapkan, tentu juga ingin mendapatkan harga yang bersaing, bukan? Belanja online bisa menjadi salah satu solusinya. Anda bisa dengan mudah dapat membandingkan semua harga-harga yang tertera secara online.

Tidak hanya itu, selain mendapat harga yang bersaing, Anda juga dapat memperhatikan bagian review barang tersebut. Pendapat mereka yang sudah lebih dulu membeli tentu patut dijadikan pertimbangan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close