Multisport

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Pakaian Beladiri Taekwondo

Olahraga taekwondo membutuhkan fleksibilitas dan gerakan tubuh yang sangat leluasa. Tidak hanya memukul, gerakan taekwondo meliputi melompat hingga tendangan berputar.

Oleh karena itu, tidak salah jika Anda benar-benar memperhatikan masalah pemilihan seragam taekwondo. Berikut adalah 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli seragam taekwondo:

1.      Ketebalan kain dan warna

Pastikan Anda membeli warna yang sesuai ketentuan. Pelatih biasanya memakai seragam hitam, sedangkan siswa memakai seragam putih. Sedangkan, untuk pelatih tingkat junior bisa memakai seragam putih dengan aksen hitam.

Selain warna, ketebalan bahan material kain seragam taekwondo juga berbeda-beda. Kain seragam yang lebih berat cenderung lebih tahan lama dan awet. Secara umum, dibagi menjadi 3 kategori, yaitu ringan: 5 hingga 6 ons; medium: 7 hingga 9 ons; berat: 10 ons ke atas.

2.      Ukuran yang sesuai

Pakaian beladiri taekwondo terdiri dari 3 bagian, yakni celana, atasan dan ikat pinggang. Dari modelnya, seragam taekwondo bersifat universal. Berarti bisa dipakai pria dan wanita. Hanya saja, ukuran tubuh setiap orang berbeda-beda. Terlebih untuk anak-anak atau pemula.

Ukuran seragam taekwondo yang sesuai sangat penting untuk membuat gerakan lentur dan fleksibel.

3.      Perawatan pakaian beladiri taekwondo

Banyak pelatih yang menekankan pentingnya kebersihan seragam taekwondo sebelum memasuki kelas. Seragam taekwondo biasanya terbuat dari campuran poly dan katun yang sangat mudah dicuci dan tahan lama. Namun, seragam yang paling bagus pun tentu akan mudah terkoyak atau warnanya memudar seiring waktu.

Seragam taekwondo yang berwarna putih juga mudah terkena noda jika kotoran tidak lekas dicuci. Jika seragam taekwondo sudah mulai memudar, sudah saatnya untuk membeli seragam yang baru.

4.      Memiliki fitur tambahan yang berguna

Perlu diingat, gerakan taekwondo begitu lincah dan menuntut stamina yang tinggi. Tidak jarang, Anda melakukan tendangan yang tinggi, tendangan memutar, menendang ke belakang, dan sebagainya. Jadi, sangat penting untuk memiliki celana yang nyaman terutama untuk mendukung gerakan di sekitar pinggang, pinggul dan kaki.

Celana taekwondo sebaiknya memiliki tali pinggang yang elastis dan praktis untuk memfasilitasi berbagai gerakan tersebut. Anda pasti juga mendambakan celana yang longgar dan fleksibel agar bebas bergerak dengan leluasa.

Sedangkan untuk atasan dan sabuk juga pertimbangkan bisa dikenakan dengan nyaman dan terikat di sisi pinggul agar kamu bisa menendang tinggi atau memutar.

5.      Jahitan rapi dan kuat

Satu lagi yang tidak kalah penting, yaitu masalah jahitan seragam juga harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, olahraga taekwondo menuntut gerakan-gerakan yang lincah dan energik. Jahitan yang kuat akan menjadi fitur yang baik untuk mendukung performa setiap gerakan tubuh. Baik saat berlatih maupun saat bertanding dengan lawan.

Jahitan yang kuat tidak akan sempurna tanpa hasil yang rapi dan detail. Karena seragam taekwondo umumnya berwarna putih, hasil jahitan yang kurang rapi akan mudah terlihat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close