Bola

Panduan memilih Sepatu Bola Sesuai dengan Posisi

Olahraga sepak bola erat kaitannya dengan sepatu. Pemain sepak bola profesional diwajibkan menggunakan sepatu bola di lapangan hijau untuk bermain dan berlatih.

Untuk para pemain sepak bola Internasional dalam memilih jenis sepatu sangat berhati-hati, karena jika sepatu yang dikenakan tidak cocok dengan posisi pemain maka akan membuat performa pemain tersebut tidak maksimal.

Beda posisi, beda juga sepatunya. Biarpun sama-sama sepatu bola, produsen sepatunya juga pasti melihat kebutuhan dari pemain. Tidak semua sepatu dibuat ringan. Tidak semua sepatu juga dibuat dengan bodi elastis.

Sebelum membeli sepatu bola tentukan dulu posisi mana yang Anda inginkan. Simak beberapa tips memilih sepatu bola berdasarkan posisi.

1.      Goalkeeper

Posisi ini sebenarnya lebih bebas dalam memilih sepatu bola. Namun, masih ada yang harus diperhatikan juga. Kiper tidak terlalu butuh sepatu super ringan untuk berlari. Goalkeeper butuh sepatu yang lebih mendukung kekuatan tendangan mereka untuk langsung mengirim bola ke barisan depan.

2.      Defender

Jenis sepatu yang cocok digunakan adalah ringan untuk bisa mengejar lawan, kuat dan kokoh ketika menghentikan aliran bola ketika mendapat serangan. Tak ketinggalan juga memiliki pool yang rata agar tidak mudah cedera.

Selain itu sepatu harus memiliki heel counter yang baik yang berfungsi untuk menahan kaki ikut terangkat saat melompat.Untuk tipe sepatu ini bisa ditemukan pada Nike Tiempo Legend VI (CB,WB), Adidas Predator(CB,WB), Adidas Nitrocharge (CB).

3.      Midfielder

Pemain tengah atau midfielder, yaitu pemain yang mempunyai peran sebagai pengatur tempo untuk menyerang atau mengatur pertahanan. Ini adalah posisi yang sangat vital bagi tim, jika gelandang tak mampu bermain baik, tak ayal hasil buruk akan segera menghampiri mereka.

Untuk itu dibutuhkan peralatan pendukung seperti sepatu yang cocok untuk pemain yang berada di posisi ini.

Maka dari itu sepatu untuk pemain diposisi ini haruslah dinamis, ringan, pool rata dan simple. Untuk tipe sepatu ini bisa ditemui pada Nike Magista, Adidas Ace16+ PureControl , Adidas  x16+, Nike CTR360, adidas Predator Instinct.

4.      Winger

Pemain sayap, baik yang beroperasi di bagian belakang, tengah, hingga depan, butuh sebuah sepatu bola dengan bobot yang minimal alias ringan. Karena posisi ini juga butuh mobilitas yang tinggi, kelenturan sepatu pun pastinya sangat dibutuhkan. Dengan sepatu ringan pun, stamina bisa lebih terjaga saat harus menyisir pinggir lapangan.

5.      Striker

Sepatu yang memiliki kecepatan, shoot power, dan akurasi merupakan tipe sepatu wajib yang harus dimiliki oleh seorang penyerang.

Ciri-ciri utama dari sepatu tipe ini biasanya terlihat simple, dinamis, ringan, kemudian dibagian ujung tampak meruncing dan panjang, tak lupa faktor aerodinamis juga harus diletakan pada sepatu ini.

Biasanya tipe sepatu ini ada pada Nike Mercurial, Nike Hypervenom, Nike Magista, Adidas Messi,  Puma EvoSpeed.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close