MultisportSportainment

Pahami 5 Jenis Raket Tenis Ini Agar Bisa Bermain dengan Nyaman

Ketika akan membeli raket tenis yang baru, ada beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan, antara lain berat, panjang, ukuran bagian kepala, ketebalan rangka dan bahan bakunya. Selain lima faktor ini, Anda juga masih harus mempertimbangkan pilihan raket dari sekitar 20-an merek raket yang ada.

Secara garis besar, terdapat lima tipe raket yang ada di pasaran saat ini. Perhatikan daftar di bawah berikut ini.

1.      Raket tipe power

Raket tenis dengan jenis Power ini membantu Anda untuk menghasilkan pukulan yang kuat dengan tenaga yang relatif sedikit. Raket jenis ini sangat direkomendasikan untuk pemain pemula dan amatir yang masih dalam tahap belajar. Penyebabnya karena raket jenis ini bisa membantu pemain memukul dengan keras.

Raket jenis ini juga tepat digunakan untuk Anda yang memiliki postur tubuh mungil, baik laki-laki maupun perempuan. Jadi meski tenaga Anda tidak besar, Anda tetap bisa memukul bola dengan keras dan kencang.

Ciri utamanya adalah memiliki ukuran bagian kepala yang besar (sebagai pelontar dan menambah daya dorong), ukuran yang cukup panjang, rangka yang kaku serta bahan yang cukup ringan.

2.      Raket tipe control

Kebalikan dari raket power, raket ini ditujukan untuk Anda yang memiliki pengalaman bermain lebih banyak. Keunggulan raket ini adalah kemampuannya membantu pemain untuk mengarahkan bola lebih mudah dan penerapan berbagai teknik memukul yang lebih banyak. Raket ini sangat jarang digunakan oleh profesional yang telah menguasai berbagai teknik dan memiliki tenaga yang besar.

Kelebihan raket ini adalah apabila kontrol akurat serta tenaga besar datang dari pemain, maka raket ini sangat pas digunakan untuk menguasai permainan. Ciri utamanya adalah ukuran kelapa yang lebih kecil, lebih pendek, rangka lebih fleksibel, dan bobot lebih berat.

3.      Raket tipe tweener

Raket ini berada di antara power dan control. Untuk Anda yang mencari titik tengah antara dua raket tadi, tweener akan terasa cocok di tangan Anda. Raket ini juga biasanya digunakan untuk pemain yang ingin melakukan transisi dari raket power ke raket control.

Ciri-ciri utama dari raket ini adalah ukuran kepala yang sedang, ukuran panjang yang juga sedang, cukup kaku tapi tidak terlalu keras serta bobotnya yang juga menengah.

4.      Raket tipe costum

Raket jenis ini adalah raket yang bisa Anda pesan sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Karakter serta cirinya berbeda beda tergantung dari gaya bermain serta raket apa yang Anda inginkan. Biasanya raket custom merupakan raket modifikasi dari tiga jenis raket di atas.

Baik berat, panjang, ukuran kepala, bahan baku, bisa sangat bervariasi, tergantung dengan selera Anda. Biasanya raket ini cukup mahal karena harus dilakukan beberapa penyesuaian secara manual dan butuh keahlian khusus.

5.      Raket signature

Raket ini merupakan raket yang menjadi senjata andalan dari pemain kelas dunia. Pemain tenis kelas dunia memiliki raket custom-nya sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera mereka.

Meski demikian, raket ini tidak kemudian cocok dipakai semua orang karena tentu karakternya akan berbeda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close