MultisportSportainment

Pahami 5 jenis Material Deck Sebelum Memilih Skateboard

Sebelum langsung menentukan membeli sebuah papan skateboard, ada baiknya para Anda mengetahui terlebih dahulu beragam jenis material deck yang umum digunakan. Hal ini menjadi penting agar Anda tidak salah dalam membeli papan.

Setidaknya terdapat lima jenis material yang penting untuk Anda ketahui. Penasaran apa saja material tersebut? Berikut adalah penjelasan mengenai setiap material yang umum digunakan dalam skateboard.

1.      Kayu maple

Material deck dengan kayu maple adalah salah satu yang paling umum digunakan. Penggunaan kayu maple sendiri dilakukan karena jenis kayu ini memiliki ketahanan yang sangat kuat dan tahan oleh benturan.

Selain itu, kayu jenis ini juga terkenal tidak terlalu berat. Rata-rata kayu yang digunakan untuk membuat papan skate berusia antara 60 hingga 80 tahun.

Ada satu hal yang harus kamu perhatikan jika akhirnya memilih untuk menggunakan papan berbahan maple. Perlu diingat, bahwa kayu adalah bahan organik yang memiliki tingkat kelembaban yang baik.

Untuk itu, sebaiknya papan tidak ditaruh pada tempat yang terlalu panas. Hal ini bisa berdampak pada berkurangnya kelembaban atau mengering, yang bisa merusak papan lebih cepat.

2.      Alumunium

Material deck berbahan aluminium saat ini mungkin belum sepopuler papan yang menggunakan kayu maple. Sebelumnya, aluminium hanya digunakan untuk pembuatan truck, bagian yang menjadi penghubung antara wheels dan deck.

Papan dengan aluminium pun mulai banyak ditemukan di jalanan dan toko-toko olahraga. Hal ini karena material aluminium pun memiliki sejumlah kelebihan.

Salah satunya adalah dari segi keringanan. Papan berbahan alumunium ternyata tidak kalah ringan dengan papan kayu pada umumnya. Selain itu, papan pun memiliki ketahanan yang lebih kuat. Keunggulan lainnya yaitu bahan aluminium dapat didaur ulang.

3.      Nylon

Dibandingkan Aluminium, penggunaan material nylon untuk olahraga skateboard tergolong lebih baru. Ide membuat papan menggunakan nylon sendiri muncul karena menumpuknya limbah nylon di lautan.

Bahan dasar dari papan skate ini dulunya adalah jaring ikan yang menjadi limbah di garis pantai Chile. Meski begitu, penggunaan nylon untuk pembuatan skateboard masih belum terlalu populer.

4.      Bambu

Akhir-akhir ini papan yang menggunakan bambu sebagai material deck semakin dilirik para skateboarder. Hal ini karena ternyata serat bambu bisa memberikan ketahanan dan fleksibilitas dibanding papan lainnya.

Bambu juga menawarkan papan yang ringan, dan ini jadi keunggulan serupa yang juga ditawarkan kayu maple. Dalam beberapa produk, bambu bahkan bisa dipadukan bersama dengan kayu maple. Kombinasi keduanya pun membuat papan ini memiliki ketahanan yang bagus.

5.      Acrylic

Penggunaan acrylic untuk material deck juga tidak sepopuler material-material lainnya. Kebanyakan, papan skateyang menggunakan bahan acrylic pun merupakan hasil kreasi atau buatan sendiri.

Papan jenis ini memang belum banyak menarik perhatian produsen papan skate untuk dijual secara massal. Terlebih lagi, penggunaan acrylic untuk papan skate juga belum terbukti keamanannya bagi para penggunanya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close