Sportainment

Pahami 5 Hal Berikut Sebelum Terjun Menggeluti Dunia Sepatu Roda

Tahukah Anda, olahraga ini sudah ada sejak abad ke-17 di Belanda. Ketika Belanda masuk ke Indonesia, olahraga ini pun menuai popularitas hingga kini.

Olahraga sepatu roda ini memang menyenangkan, tapi tentu bukan olahraga main-main yang bisa diremehkan. Buat Anda yang ingin serius, setidaknya perlu mempertimbangkan beberapa hal, agar persiapan Anda dalam melakukan olahraga ini lebih matang dan lancar. Simak ulasan berikut ini.

1.      Pengetahuan tentang sepatu roda

Sebelum mulai bermain, ada baiknya Anda mengenali jenis-jenis sepatu yang digunakan dalam melakukan olahraga ini. Meski sekilas  terlihat sama, beda kegiatan ternyata memerlukan sepatu yang berbeda.

Saat memilih sepatu untuk pertama kali, perhatikan letak rodanya. Umumnya, sepatu dalam olahraga ini terbagi jadi dua macam, yakni inline skate yakni sepatu dengan roda yang letaknya sejajar dan two-line skate yakni sepatu yang terdiri dari empat buah roda (2 buah di belakang dan 2 buah di bagian depan).

Jika Anda masih pemula yang baru belajar, disarankan untuk memilih two-line skate karena lebih seimbang sehingga Anda tidak mudah jatuh.

2.      Pahami dua teknik dasar

Jika Anda sudah menemukan sepatu yang cocok, selanjutnya Anda perlu mengenal teknik bermain yang baik dan benar. Gunanya, agar Anda tidak mudah cedera saat latihan.

Teknik dasar yang penting untuk diketahui ialah teknik gliding dan teknik rem. Teknik gliding adalah teknik keseimbangan saat meluncur menggunakan sepatu. Sedangkan teknik rem adalah teknik yang dibutuhkan agar Anda bisa berhenti meluncur dengan baik tanpa perlu berpegangan.

Biasanya, setiap sepatu tidak sama letak tumpu remnya. Kenali letak titik tumpu rem sebelum meluncur, agar Anda mahir dan fleksibel melakukan rem dan glide lebih cepat.

3.      Jenis permainan sepatu roda

Umumnya, permainan yang paling sering dimainkan dalam olahraga ini ada tiga jenis, yaitu Aggressive Inline SkatingSlalom, dan Speed Inline Skating.

Permainan Aggressive Inline Skating (meluncur dan berputar) dan Slalom (menghindari rintangan) umumnya bisa dimainkan di jalanan umum, karena sifatnya yang santai.

Tetapi, untuk permainan Speed Inline Skating, Anda dituntut untuk meluncur cepat dan tangkas. Biasanya dimainkan untuk kejuaraan yang memerlukan latihan dan kemampuan khusus.Jenis sepatu yang digunakan pada umumnya mempunyai roda dengan ukuran yang besar.

4.      Gunakan perlindungan sesuai standar

Dalam olahraga ini, kemungkinan besar Anda bakal sering terluka. tergores, jatuh, atau terkilir. Jadi, selalu gunakan pelindung yang lengkap saat Anda berlatih olahraga ini. Mulai dari helm kepala, pelindung siku, dan pelindung lutut. Jika dirasa perlu, tambahkan juga sarung tangan.

5.      Butuh komitmen dan kemauan yang kuat

Saat awal belajar olahraga ini, Anda akan lebih sering terjatuh dan terluka. Tidak jarang orang menyerah di awal karena tingkat kesulitannya yang tinggi, apalagi yang buru-buru beralih dari two-line skate ke inline skate.

Jika rajin dan tekun, Anda mungkin akan lancar dalam kurun waktu satu dua bulan. Yang penting Anda mau berkomitmen dan tidak mudah menyerah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close