MultisportSportainment

Mengenal 4 Peralatan Snorkeling yang Harus Dimiliki Pemula

Snorkeling merupakan teknik menikmati keindahan bawah laut pada laut dangkal. Maka tak heran apabila snorkeling itu sendiri merupakan sebuah aktivitas yang banyak digemari. Anda hanya perlu menguasai teknik dasar berenang untuk dapat menikmati aktifitas ini. Namun Anda tetap memerlukan beberapa peralatan yang dapat mempermudahkan Anda untuk melakukan aktivitas ini.

Peralatan untuk snorkeling pun termasuk ke dalam kategori yang sederhana. Tak perlu peralatan-peralatan yang ribet, jadi Anda bisa dengan mudahnya membawa peralatan tersebut kemanapun Anda mau.  Berikut peralatan-peralatan snorkeling.

1.      Mask

Mungkin ini merupakan salah satu peralatan snorkeling yang paling umum diketahui oleh banyak orang. Karena memang dari bentuknya sendiri pun sudah menggambarkan bahwa alat ini memang diperuntukan untuk melakukan sebuah aktifitas di air. Tak hanya itu, mask termasuk ke dalam alat snorkeling yang cukup vital. Karena kalau Anda tidak menggunakan alat ini, tentu saja penglihatan Anda akan terganggu selama menyelam.

Alat ini merupakan alat yang berfungsi untuk menutup sebagian wajah, khususnya daerah sekitar mata dan juga hidung. Mask yang digunakan haruslah memiliki kantong udara di antara mata dan hidung penyelam terhadap air sehingga membuat Anda bisa melihat pada daerah air. Di samping itu juga dapat mencegah air masuk ke mata dan hidung, serta mampu mencegah terjadinya iritasi. Mask sebaiknya nyaman dikenakan, kedap air, dan memiliki bentuk yang mengikuti bentuk wajah penyelam.

2.      Snorkel

Selain dari mask, tentunya snorkel merupakan hal yang sangat dibutuhkan jika Anda ingin melakukan aktivitas snorkeling ini. Biasanya pada saat Anda membeli mask, snorkel ini bisa langsung menjadi kesatuan. Karena snorkel ini sendiri tidak bisa dilepaskan dari mask itu sendiri. Jika Anda menggunakan mask tanpa snorkel ataupun sebaliknya, tentunya aktivitas snorkeling Anda tidak akan berjalan dengan baik.

Snorkel berbentuk pipa yang biasanya terbuat dari silikon dengan panjang sekitar 12-14 inch. Alat ini berfungsi untuk membantu para penyelam bernafas di permukaan air tanpa harus mengangkat kepala sehingga bisa dengan nyaman menikmati keindahan bawah laut. Snorkel ini sendiri juga merupakan alat yang akan membuat terus menerus untuk melihat keindahan alam bawah laut yang tak akan mudah dilupakan.

3.      Kaki katak (fins)

Kaki katak ini sendiri akan mempermudah Anda pada saat eksplorasi bawah air indah. Kalau tidak menggunakan kaki katak ini, tentunya Anda akan melakukan pekerjaan yang dua kali lipat. Alat ini juga akan meringankan Anda, sehingga aktivitas snorkeling jadi semakin nyaman.

Alat ini berfungsi untuk memberi kekuatan pada kaki penyelam agar bisa bergerak dengan nyaman di perairan. Alat ini memang tidak akan meningkatkan kecepatan para penyelam, melainkan hanya bisa menambah daya kayuh.

4.      Life vest

Alat ini merupakan pelampung berbentuk rompi yang bisa diisi udara sehingga bisa memberi daya apung Anda selama snorkeling di permukaan air. Dengan alat ini Anda bisa bergerak tanpa harus mengeluarkan tenaga yang berlebih. Dengan alat ini Anda juga bisa beristirahat sejenak dan bisa juga berfungsi sebagai penyangga saat keadaan darurat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close