MultisportSportainment

Lakukan Tips Olahraga 7 Menit Praktis Untuk Anda yang Super Sibuk

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh sehat dan pikiran yang selalu fresh? Olahraga adalah salah satu bentuk kegiatan yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keduanya. Sayangnya, seringkali kita merasa tidak memiliki cukup banyak waktu. Padahal ada beberapa kombinasi gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan–hanya dalam waktu 7 menit, namun efektif melatih tubuh. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

1.      Pemanasan (1 menit)

Pemanasan ini penting perannya dalam mempersiapkan tubuhmu menjalani latihan fisik. Beberapa bentuk pemanasan yang bisa Anda lakukan ialah high-knee, latihan otot abdominal, hingga sesimpel latihan torso.

2.      Jumping jacks (1 menit)

Untuk gerakan yang satu ini tidak hanya bisa membakar kalori tubuh, tapi juga membakar semangat. Berdiri tegak dengan posisi kaki rapat. Kemudian lompat dengan membuka kedua kaki selebar bahu, sambil menepukkan kedua tangan di atas kepala. Jangan lupa pasang lagu kesukaan Anda agar tambah semangat.

3.      Squat (1 menit)

Squat efektif melatih otot di kaki, bokong, dan perut serta melindungi lutut. Cocok untuk Anda yang sering duduk lama saat beraktivitas. Biar makin efektif, variasikan menu squat dengan alat tambahan. Misalnya, Anda bisa sekalian melatih pembentukan otot lengan dengan menggunakan dumbell ringan.

4.      Wall sit (1 menit)

Olahraga ini praktis, namun manfaatnya baik untuk mengencangkan dan membentuk otot paha. Lakukan dalam 30-60 detik. Untuk dapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk menambah variasi. Wall sit sambil melatih otot dada, lengan, dan leher menggunakan rubber expander bisa jadi contoh yang tepat.

5.      Tricep dips with high bridge (1 menit)

Gerakan yang satu ini akan membutuhkan penggunaan matras yoga. Gunakan matras dari bahan PVC yang cenderung lebih tahan lama dan anti slip ketika dibanjiri keringat.

Berbaringlah di atas matras, dengan kedua telapak kaki menjejak lantai dan dibuka selebar bahu. Dengan bertumpu pada kekuatan kedua tangan, angkat pinggulmu hingga lurus, membentuk pola ‘jembatan’. Latihan ini bagus untuk menargetkan otot-otot di bagian belakang lengan Anda, sekaligus melatih kekuatan otot perut.

Untuk Anda yang pemula, disarankan untuk cukup mengulang sebanyak 5-7 repetisi saja selama kurang lebih 1 menit. Anda juga bisa ikut melatih kekuatan otot paha selama berada dalam pose hip bridge. Caranya adalah dengan meletakkan thigh toner di antara kedua paha, kemudian lakukan gerakan buka-tutup kedua kaki selama setidaknya 30 detik.

6.      Lunge (1 menit)

Gerakan yang satu ini cocok dilakukan bagi Anda yang ingin melatih kekuatan core serta paha, dalam waktu yang relatif singkat. Agar makin efektif, Anda juga bisa melakukan variasi dengan menambah alat beban (weight). Tapi ingat, pastikan sesuai dengan kemampuan Anda.

7.      Pendinginan (1 menit)

Olahraga singkat bukanlah excuse untuk mengakhirinya begitu saja. Pastikan untuk selalu meregangkan otot dan menstabilkan kembali pernapasan lewat pendinginan. Anda bisa melakukan pose cat atau cow untuk meregangkan otot pinggang dan bahu. Atau bahkan sesimpel berbaring di atas matras, sambil memeluk tubuh dengan lutut ditekuk.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close