MultisportSportainment

Lakukan Empat Gerakan Skipping Ini, Agar Badan Cepat Kurus

Gerakan lompat tali saat berolahraga sering disebut dengan jump rope atau skipping. Rupanya olah fisik ini dapat dilakukan dengan berbagai gaya.

Selain mengusir rasa bosan dari lompatan monoton, beberapa variasi gerakan ini dapat membantu Anda untuk melatih kecepatan motorik tubuh dan mempercepat pembakaran lemak jahat dalam tubuh.

Lakukan empat gerakan skipping di bawah ini dengan benar, masing-masing gerakan dilakukan 15 menit hingga bisa melakukan gerakan lompat tali dengan total 60 menit setiap hari. Bila intens berlatih, berat badan Anda bisa berkurang, namun seimbangkan dengan takaran asupan yang tepat.

1.      Gerakan basic skipping

Gerakan ini adalah variasi basic atau dasar dari olahraga skipping. Kedua kaki Anda pastikan dalam posisi tegak berdiri kemudian lakukan gerakan lompat sambil menggerakkan kedua pergelangan tangan untuk memutar tali skipping.

Gerakan lompat tidak disarankan terlalu tinggi, cukup 2-4 cm dari lantai. Untuk pemula, gerakan ini bisa dilakukan selama 15 menit setiap hari. Jika sudah terbiasa dan lihai memutar tali skipping, gerakan regular skip bisa dilakukan selama 60 menit setiap hari.

2.      Gerakan one foot hops

Seperti namanya, gerakan ini hanya mengandalkan satu kaki saat melompat. Namun, tidak selalu dengan kaki yang sama selama skipping, melainkan melompat dengan satu kaki bergantian, setelah kaki kanan lalu kiri.

Sambil pergelangan tangan memutar tali, salah satu kaki, baik kanan atau kiri diarahkan 30 derajat ke depan lalu lakukan gerakan melompat. Gerakan ini membuat otot perut dan kaki bekerja lebih ekstra serta mampu melatih keseimbangan tubuh.

3.      Gerakan high knees

Bukan hanya melompat, gerakan skipping bisa Anda variasikan dengan gerakan berlari di tempat. Tetapi setiap mengayunkan kaki, pastikan posisi lutut kamu sejajar dengan pinggul. Lalu, sembari kedua pergelangan tangan memutar tali, lakukan gerakan ini secara perlahan jika belum lihai menggunakan tali untuk skipping. Sama halnya dengan gerakan one foot hops, gerakan ini mampu mengencangkan otot perut dan kaki.

4.      Gerakan side to side

Gerakan ini hampir sama dengan regular skip. Hanya, badan diayunkan ke kanan dan ke kiri sambil melompat. Perlu diperhatikan, macam-macam gerakan skipping harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi untuk gerakan ini, kalau sembarangan bisa cedera karena jatuh terpeleset. Untuk gerakan lainnya juga, sebab jika belum terbiasa melompat cepat dengan berbagai gaya, cedera karena jatuh sangat mungkin terjadi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close