Autosport

Kenali Cara Bersepeda yang Benar Berikut Ini!

Siapa sih yang nggak familiar dengan olahraga satu ini? Kalau dipikir-pikir nih, dari zaman kecil pasti kita merasa udah jago banget main sepeda. Olahraga ini pun menjadi favorit banyak orang karena simpel dan nggak terlalu berat untuk dilakukan. Beberapa tahun terakhir, tren bersepeda makin meningkat, terutama di kalangan masyarakat perkotaan.

Karena sudah terbiasa dilakukan, kadang kita lupa bahwa bersepeda juga memiliki teknik tersendiri dalam praktiknya, sama halnya seperti olahraga pada umumnya. Kalau dilakukan asal-asalan, bisa jadi nggak berpengaruh banyak pada tubuh dan juga bisa berakibat fatal. Tenang, nggak ada kata terlambat kok, sobat Sportivitas buat mulai menerapkan teknik bersepeda yang benar. Langsung aja nih simak beberapa hal berikut ini!

  • Terapkan Posisi Tubuh yang Benar

Bagus atau tidaknya performa ketika bersepeda bisa ditentukan oleh posisi tubuh pesepeda. Kalau sobat Sportivitas merasa cepat lelah dan pegal-pegal saat bersepeda, berarti ada yang salah dengan posisi bersepeda kalian. Perhatikan posisi tubuh yang tepat saat melakukan olahraga ini.

Posisi Kepala

Upayakan kepala berada pada posisi yang mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk  dari lengkungan punggung. Arahkan pandangan kalian ke depan dan fokus pada arah lintasan. Eits, fokus dengan lintasan nggak berarti kepala harus tegang, tetap rileks, ya!

Posisi Punggung

Kalau kalian pernah melihat orang yang sedang balapan sepeda, tentu kalian tahu mereka membungkukkan punggungnya untuk meningkatkan kecepatan. Hal ini bisa kalian terapkan, sobat Sportivitas. Pastikan kalian memperhatikan lintasan yang akan dilalui. Jika kalian akan melalui tanjakan, posisi membungkuk sangat tepat dilakukan karena akan menambah kecepatan. Sebaliknya,  jika kalian akan melalui turunan, lebih baik punggung berada dalam posisi tegak.

Posisi Tangan

Sebaiknya, tangan bertumpu pada pengait rem supaya beban pada bahu dan punggung berkurang. Tetap rileks dan fokus, guys!

Posisi Kaki

Jika terdapat satu pedal di bawah, sebaiknya kita menekuk mata kaki. Jangan lupa untuk gunakan pangkal jari atau bagian depan telapak kaki ketika mengayuh sepeda. Selain membuat kaki tidak cepat pegal, hal ini juga dapat meningkatkan kecepatan dalam bersepeda!

  • Pastikan Ukuran Sepeda Pas dengan Kalian

Ukuran frame atau kerangka sepeda yang tepat tentu akan memudahkan sobat Sportivitas dalam menerapkan teknik bersepeda yang baik. Kalau sepeda yang dipilih adalah sepeda umum, pastikan terdapat jarak 2,5-5 cm antara pangkal paha dengan top tube. Kalau yang kalian pilih adalah sepeda gunung, pastikan setidaknya terdapat jarak 5 cm antara pangkal paha dengan top tube.

Better late than never, yuk mulai terapkan cara bersepeda yang benar! Hal ini bakal berdampak lho dengan performa kalian saat bersepeda! Rasa capek pun nggak cepet muncul kalau hal-hal di atas kalian lakukan dengan baik. Happy cycling!

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close