Sportainment

Jangan Sampai Salah Pilih, Pahami 5 Jenis Sepatu Olahraga Sesuai Kebutuhannya

Sepatu olahraga, mulai dari sepatu lari hingga sepatu tenis harus dipilih dengan hati-hati dan tepat. Mengapa? Karena sepatu olahraga dirancang sesuai dengan kondisi dan keadaan yang akan dihadapi pemakainya di lapangan.

Misalnya, sepatu sepak bola yang memiliki grip besar agar penggunanya tidak mudah tergelincir saat berlarian di atas tanah. Sebaliknya kalau digunakan di aspal, pasti penggunanya bisa jatuh. Hal ini penting, agar Anda tidak mengalami cedera ketika sedang berolahraga.

Agar terhindar dari cedera, sebaiknya Anda mulai memahami jenis sepatu olahraga yang didesain sesuai kebutuhannya. Simak penjelasan berikut ini.

1.      Sepatu sepak bola

Sepatu ini dikenali dari bagian luar solnya yang memiliki grip paku. Fitur ini dibuat agar pengguna dapat mengontrol pergerakan kaki saat berlari di lapangan berumput.

Sepatu ini khusus didesain agar pemain sepakbola mudah berbelok, mengubah tujuan arah, mengoper dan menendang.

2.      Sepatu climbing

Biasanya, sepatu ini memiliki bentuk yang sangat pas di kaki dan memiliki bagian atas yang terbuat dari kulit atau bahan lain seperti kulit sintetis. Solnya terbuat dari karet agar memudahkan tumpuan saat melakukan panjat tebing atau dinding batu.

3.      Sepatu lari

Dari sekian banyak jenis-jenis sepatu olahraga, sepatu ini paling sering ditemui di toko olahraga. Sepatu lari cocok digunakan untuk berlari dan olahraga ringan setiap hari.

Desainnya membantu menyerap guncangan, terasa ringan, dan memiliki kassa agar bisa menjaga berat badan pengguna. Tetapi, running shoes ini tidak bisa digunakan untuk lomba lari.

4.      Sepatu voli

Sepatu ini didesain khusus untuk olahraga voli karena sol karetnya memberikan cengkraman kuat melebihi dari sepatu lari. Sepatu voli juga didesain untuk pergerakan sisi ke sisi yang dibutuhkan oleh para pemainnya.

Di bagian depan sepatu biasanya terdapat lapisan yang bisa membantu menyerap guncangan ketika meloncat atau mendarat.

5.      Sepatu hiking

Sepatu ini didesain untuk melindungi kaki dan pergelangan kaki selama kegiatan berjalan di luar ruangan yang memiliki banyak tantangan. Sepatu hiking memastikan penggunanya dapat mendaki jauh tanpa cedera.

Selain sepatu hiking biasa, ada juga model sepatu hiking boots. Sepatu ini didesain untuk membuat kaki nyaman meskipun digunakan untuk kegiatan seperti backpackingmountaineering, dan hunting.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close