Sportainment

Jangan Asal Pilih, Berikut 5 Tips Memilih Helm Sepeda yang Tepat

Helm sepeda bukan hanya aksesoris, tetapi merupakan aksesoris wajib yang harus dimiliki oleh penggemar olahraga sepeda. Apalagi jika Anda bersepeda di medan yang cukup berbahaya seperti trek off-road ataupun cross country.

Helm ini berfungsi untuk melindungi kepala dari cidera saat terjadi kecelakaan. Untuk memilih helm, Anda tidak boleh hanya melihat model luarnya saja. Rupa boleh sama tetapi mutu bisa berbeda. Berikut cara memilih helm sepeda yang tepat.

1.      Ukuran helm

Hal pertama dalam memilih helm adalah menentukan ukuran helm. Anda bisa mengukur lingkar kepada sekitar 2,5cm diatas alis mata dengan diulang sampai 5 kali dan hitung mana yang paling benar. Selain itu biasanya helm memiliki fitur adjustable yang bisa dikencangkan atau dikendorkan.

2.      Sesuaikan dengan aktivitas

Apakah Anda sering menggunakan sepeda road bike? Maka pilihlah helm yang aerodinamis. Tetapi apabila jika Anda suka bersepeda down hill, free ride atau dirt jump, riders tentu sebaiknya menggunakan helm full face.

3.      Perhatikan fitur helm

Setelah Anda mendapatkan ukuran yang pas, selanjutnya cari daftar merk helm dengan fitur yang lengkap dan menarik. Selain itu juga pilihlah helm yang memiliki ventilasi udara yang baik agar tidak panas, terkecuali helm model aero yang kurang memiliki ventilasi pada helmnya.

4.      Perhatikan kualitas bantalan

Perhatikan bantalan busa pelapis helm. Pilih yang tidak mudah mengkerut, karena busa yang mudah kempis akan membuat helm terasa longgar. Bantalan di dalam helm dapat berfungsi untuk menahan goncangan saat helm mengalami benturan.

Selain itu, bantalan juga berfungsi agar helm terasa nyaman digunakan dan dapat menyerap keringat. Maka pilihlah helm dengan bantalan yang sesuai, tidak goyang saat digunakan dan bisa dilepas sehingga memudahkan Anda untuk membersihkannya. Jangan sampai helm berbau dan tidak nyaman dipakai, karena biasanya bau pada helm bersumber dari bantalan yang jarang dibersihkan.

5.      Perhatikan tali pengikat

Tali pengikat sebaiknya ada dalam setiap helm sepeda untuk menahanya tetap pada posisi. Pilih material yang kuat agar tidak mudah lepas sehingga tetap melindungi kepala Anda saat terjadi benturan. Jangan sampai saat terjadi benturan helm Anda malah terlepas. Tali pengikat dagu dianggap ideal ketika membentuk seperti huruf V tepat dibawah telinga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close