MultisportSportainment

Ingin Snorkeling? Jangan Lupa Bawa 5 Perlengkapan Ini

Aktivitas snorkeling memang menyenangkan. Apalagi jika tempatnya dipenuhi oleh terumbu karang yang indah dan aneka jenis ikan warna-warni. Pasti jadi pengalaman yang berkesan.

Di Indonesia banyak sekali spot untuk melakukan snorkeling. Anda tinggal memilih lokasi yang disukai. Biasanya ada operator tour yang menyediakan paket lengkap, termasuk transportasi dan perlengkapan snorkeling sehingga kamu tidak perlu repot lagi.

Tapi, jika Anda berniat untuk melakukan snorkeling, ada baiknya jika mempunyai peralatan snorkeling sendiri, bukan? Apalagi jika punya pribadi pasti ukurannya akan lebih sesuai dan bisa Anda rawat sendiri sehingga bisa lebih awet. Apa saja yang harus dibawa saat akan pergi snorkeling? Simak ulasan berikut.

1.      Masker

Dengan memakai masker, pandangan ke dalam laut akan lebih jelas. Anda bisa dapat lebih menikmati terumbu karang. Selain itu masker juga berfungsi untuk menutup area hidung. Sewaktu snorkeling, Anda akan bernapas lewat mulut, sehingga bagian hidung memang akan tertutup.

Gunakan masker yang pas di wajah sehingga tidak ada celah air yang bisa masuk ke wajah. Anda bisa memilih masker yang pas dengan mencobanya terlebih dahulu sebelum membelinya.

2.      Snorkel

Dengan menggunakan alat ini Anda tetap bisa bernafas di dalam air. Snorkel berupa selang dan mouthpiece (pelindung mulut). Sebaiknya juga snorkel yang dipakai memiliki mouthpiece yang pas di mulut, tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Bagian pelindung mulut ini akan digigit, jika terlalu besar akan membuat Anda lebih cepat lelah bernapas dalam waktu lama, sedangkan jika terlalu kecil air akan lebih mudah masuk ke dalam mulut. Biasanya pelindung mulut terbuat dari bahan silikon.

Ukuran selang snorkel pada umumnya berdiameter 2 cm dan panjang 30 cm. Ukuran panjang snorkel pun tidak terlalu panjang agar bernapas bisa lebih nyaman.

3.      Fin

Fin disebut juga kaki katak. Sebenarnya alat ini tidak wajib dikenakan saat snorkeling. Tapi dengan memakai fin akan ada daya dorong yang lebih kuat saat Anda berenang di laut. Gerakan Anda akan lebih cepat dan gesit.

Terdapat dua jenis kaki katak, yaitu model kaki tertutup (full foot) dan tumit terbuka (open heels). Kaki katak model tertutup memiliki ukuran seperti halnya sepatu, bawalah yang sesuai dengan ukuran kaki. Sedangkan model tumit terbuka biasanya memiliki strap untuk menyesuaikan bentuk ukuran kaki.

4.      Pelampung

Sama dengan fin, pelampung juga bisa dikenakan atau tidak. Jika sudah sangat mahir, ada saja orang yang tidak mengenakan pelampung saat snorkeling supaya bisa menyelam tidak hanya di permukaan tapi juga agak ke dalam laut.

Namun agar lebih aman memang sebaiknya Anda memakainya, terutama jika Anda masih pemula. Pilihlah pelampung yang juga pas dengan tubuh dan bisa ditutup dengan baik. Lengkapi juga pelampung dengan peluit.

5.      Baju renang

Sebenarnya snorkeling pun bisa memakai kaos biasa. Tapi alangkah baiknya Anda memakai baju renang atau baju selam. Rasanya pasti beda, berenang dengan memakai kaos biasa dengan memakai baju khusus renang. Selain bisa menambah daya gerak Anda di dalam air, menggunakan pakaian renang atau selam juga bisa berfungsi untuk mengurangi dinginnya air laut di tubuh Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close