MultisportSportainment

Ingin Mancing Ikan di Laut? Ini Tips dan Tekniknya

Dibanding mancing ikan di tempat pemancingan ikan umum, memancing ikan di laut memang jauh lebih menyenangkan. Memancing ikan di laut bisa memberikan sensasi yang menarik, dimana selain bisa memuaskan hobi, Anda juga bisa sekalian rekreasi menikmati keindahan laut.

Meski demikian, mancing ikan di laut memang tidak semudah seperti Anda memancing di tempat pemancingan umum. Anda yang merasa jago di tempat pemancingan umum, mungkin belum tentu bisa mengimbangi. Anda wajib mengetahui tipsnya agar bisa mengetahui cara memancing ikan di laut.

Jika Anda ingin mancing ikan di laut, sebaiknya jangan terburu-buru. Dibutuhkan persiapan yang matang sebelum akhirnya Anda melaut untuk menangkap ikan-ikan. Jika Anda ingin tahu tips memancing ikan di laut, simak ulasan di bawah ini.

1.      Persiapkan alat pancing

Anda sudah biasa mancing di tempat pemancingan umum dan punya alat pancing? Tapi mungkin alat pancing yang Anda punya harus lebih lengkap dan memiliki kualitas yang lebih bagus.

Sebab, kondisi air dan juga ikan yang ada di laut tentu berbeda dengan yang ada di pemancingan umum. Ada beberapa perlengkapan memancing yang harus Anda bawa, di antaranya joran, senar, pelampung kecil, dan umpan pancing. Anda juga butuh jaring kecil untuk membantu penangkapan. Jika sudah tertangkap, jangan lupa bawa coolbox untuk menyimpan ikan.

2.      Pilih umpan terbaik

Memilih umpan pancing untuk mancing ikan di laut tidak susah. Anda bisa memilih umpan pancing berupa cumi-cumi, udang, hingga ikan kecil. Cumi-cumi yang disebar di sekitar kapal bisa berfungsi untuk menggiring ikan agar mendekati kapal.

Cumi-cumi ini juga sering dipakai oleh pemancing profesional dan terbukti efektif. Tapi, selain cumi-cumi, Anda juga bisa menggunakan umpan pancing lainnya, semisal dari daging ikan, udang, hingga umpan buatan yang bentuknya mirip ikan.

3.      Perhatikan setelan alat pancing

Sebelum mulai melempar kail ke laut, ada baiknya Anda memperhatikan setelan alat pancing. Ada dua model setelan alat pancing ketika ingin memancing di laut dengan kedalaman kurang dari 100 meter. Setelah pertama, yakni umpan gantung, dimana umpannya ini memiliki posisi di antara permukaan air laut dan dasar laut dengan dua mata kail.

Berikutnya adalah umpan yang berada di atas permukaan. Biasanya setelan ini terdiri dari rangkaian umpan yang posisinya berada di bawah pelampung dengan jarak 2-3 meter.

4.      Perhatikan cuaca sekitar laut

Tips terakhir adalah perhatikan kondisi cuaca dan alam. Jangan sampai Anda memancing ketika kondisi cuaca sedang buruk. Selain Anda bisa kesulitan menangkap ikan, hal tersebut juga tentunya bisa membahayakan. Perhatikan juga faktor alam, dalam artian jangan sampai ketika mancing ikan di laut sedang terang bulan.

Biasanya ketika bulan bersinar cerah, artinya kondisi air laut juga akan lebih cerah. Jika air laut cerah, maka ikan predator bisa lebih mudah memangsa ikan lainnya. Dengan demikian, hasil tangkapan pun kurang maksimal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close