MultisportSportainment

Ingin Lebih Kuat dan Cepat dalam Berlari? Lakukan 5 Latihan Dumbel Ini

Banyak yang bilang bahwa latihan otot akan bikin Anda besar dan lambat. Hal ini yang membuat sebagian orang malas datang ke gym atau menyentuh alat beban, seperti dumbel, karena takut mereka jadi kaku. Namun, semua anggapan tersebut ternyata salah. Latihan dumbbell bisa membuat Anda lebih kuat dan cepat.

Beberapa trainer menyarankan para pelari untuk latihan beban. Bukan hanya pelari, para atlet olahraga yang juga mengandalkan kecepatan juga disarankan untuk menambah menu latihan mereka dengan beban. Lihat saja para atlet sepak bola, bola basket, dan badminton. Olahraga tersebut butuh otot kuat untuk mencapai akselerasi tercepat.

Sekarang, Anda cuma butuh sepasang dumbel untuk melakukan gerakan yang tepat untuk buat tubuh lebih kuat, lebih cepat, dan pastinya lebih bagus. Simak beberapa tips di bawah ini.

1.      Dumbbell deadlift

Anda cukup berdiri dengan memegang sepasang dumbbell di sekitar paha. Lakukan gerakan deadlift dengan menurunkan tubuh, pinggul ke belakang, lutut sedikit ditekuk, dan tangan ke bawah. Pertahankan tubuh bagian atas tetap lurus mendatar saat Anda melakukannya. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali repetisi dalam 3 set.

Jika Anda melakukannya dengan benar, otot paha belakang (hamstring) dan punggung bagian bawah akan terlatih dengan baik. Bagian hamstring memang diperlukan oleh para pelari untuk berlari lebih jauh. Semakin sering Anda melatihnya, semakin kuat juga Anda berlari.

2.      Step up & Knee drive

Siapkan satu boks di depan Anda sebagai pijakan yang lebih tinggi. Bawa dumbbell di setiap tangan Anda. Melangkahnya di atas boks dengan satu kaki dan satu kaki lainnya mengikuti dengan gerakan yang lebih tinggi lagi. Pastikan kaki yang Anda angkat membentuk sudut 90 derajat.

Melakukan gerakan yang satu ini buat Anda lebih eksplosif lagi saat berlari. Tujuannya, Anda bisa memiliki akselerasi terbaik untuk mencapai top speed lebih cepat

3.      Overhead press

Gerakan yang satu ini cukup mudah. Anda tinggal membawa dumbel di masing-masing tangan, lalu mengangkatnya ke atas kepala hingga tangan lurus. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam 3 set dan Anda akan dapatkan otot tubuh bagian atas lebih bagus lagi.

Gunanya, otot tangan dan bahu yang kuat akan buat Anda mengayun lebih cepat lagi saat berlari. Hal itu buat Anda berlari lebih cepat dan lebih jauh.

4.      Bent-over row

Bentuk sudut tubuh dengan lebih condong ke depan. Tekuk lutut sedikit supaya Anda tidak menaruh lebih banyak beban di sana. Angkat dumbbell dari tangan lurus hingga siku membentuk sudut di belakang punggung. Lakukan gerakan ini 10 kali dalam 3 set.

Menahan posisi ini sambil mengangkat beban akan buat hamstring Anda lebih kuat. Selain itu, punggung Anda akan terlatih dengan baik dan buat Anda tetap stabil saat berlari nantinya.

5.      Renegade row

Lakukan posisi plank sambil menggenggam dumbbell di setiap tangan. Angkat satu dumbbell sampai siku membentuk sudut di belakang punggung. Lakukan untuk tangan lainnya. Sebaiknya melakukan 16 repetisi dalam 3 set.

Melakukan gerakan ini akan buat otot tubuh bagian perut terlatih dengan keras. Saat core tubuh kuat, Anda akan terhindar dari gerakan tangan berlebihan saat berlari yang membuang tenaga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close