Bola

Ikuti 5 Tips Berikut Agar Sepatu Sepakbola Awet dan Tahan Lama

Mungkin sebagian besar Anda memiliki masalah pada sepatu sepakbola yang cepat rusak. Bisa jadi karena cara merawatnya tidak benar atau baik. Sepatu bola pun harus diperlukan perawatan yang benar agar kualitasnya tetap terjaga. Tentunya Anda menginginkan sepatu bola yang awet dan tidak mudah cepat rusak. Pastikan juga sepatu bola yang dimiliki oleh anda pun harus original.

Jangan mudah tergiur dengan sepatu bola murah yang memiliki kualitas tidak bagus. Kualitas sepatu murah akan menyebabkan sepatu bola cepat rusak. Oleh karenanya, sepatu sepakbola yang Anda miliki lebih baik original di tempat jual sepatu bola yang memang dapat dipercaya keasliannya.

Untuk bisa merawat sepatu bola original dengan baik dan benar, memiliki cara khusus dalam perawatannya. Tidak gampang dan tidak sulit untuk merawat sepatu bola menjadi tahan lama dan awet, agar tidak mudah rusak. Berikut ulasannya:

1.      Bersihkan secara lembut

Pada umumnya sepatu bola lebih mudah kotor yang dikarenakan bermain di lumpur ataupun berdebu. Dengan begitu, Anda harus membersihkan terlebih dahulu lumpur atau tanah yang menempel pada bagian sepatu dengan sikat lembut. Anda bisa memakai sikat gigi yang memiliki tekstur lembut, jika memakai sikat kasar akan membuat bahan sepatu menjadi rusak.

Untuk menyikatnya harus searah agar mengurangi gesekan di bagian kulit sepatu. Dan tidak boleh menggosoknya terlalu keras, jika perlu Anda bisa menanyakan langsung di tempat penjual sepatu bola untuk mengetahui sikat khusus yang dapat dipakai.

2.      Gunakan sabun bayi

Ketika Anda ingin mencuci sepatu bola dilarang keras menggunakan deterjen ataupun sabun biasa. Maka dari itu, gunakanlah sabun dengan bahan yang aman seperti sabun bayi yang begitu lembut. Selain itu, Anda tidak boleh merendam sepatu sepakbola ke dalam air.

Sebaiknya cuci atau bersihkan kotoran yang melekat di sepatu. Karena jika direndam di dalam air, akan membuat bahan sepatu gampang terkelupas.

3.      Hindari cahaya matahari langsung

Sehabis mencuci sepatu, pastinya harus mengeringkan sepatu tersebut. Keringan di tempat yang sejuk dengan cara mengangin-anginkan di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung.

Banyak orang selalu menjemur sepatu bolanya langsung di bawah panasnya matahari. Justru jika mengeringkan nya langsung di bawah panasnya matahari dapat membuat sepatu mudah rusak.

Tidak hanya diangin-anginkan saja melainkan bisa dengan dilap dengan kain lembut atau kertas untuk mengerikannya.

4.      Gunakan kaos kaki

Bermain bola tentunya harus menggunakan kaos kaki. Karena kaos kaki dapat menyerap keringat. Jika tidak memakai kaos kaki, maka Anda akan tahu betapa baunya sepatu yang Anda miliki bahkan dapat timbulnya jamur. Dengan munculnya jamur yang dapat menyebabkan bahan sepatu mudah rapuh. Hal ini pun bisa membuat kaki menjadi jamuran dan sepatu cepat rusak.

5.      Jangan terlalu sering dipakai

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa cara menyimpan sepatu sepakbola. Anda tidak boleh sembarang untuk menyimpannya. Untuk mengetahui cara menyimpan sepatu bola dengan benar adalah menaruhnya di tempat yang sejuk. Ruangannya yang akan digunakan dalam menyimpan sepatu pun harus cukup cahaya matahari.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close