Multisport

Hobi Sepeda Gunung? Ini Aksesoris yang Wajib Dimiliki

Bersepeda di medan ekstrem adalah olahraga yang mengharuskan persiapan yang lebih dibandingkan bersepeda seperti biasanya. Ini karena sepeda gunung perlu melintasi medan-medan yang jauh dan menantang. Dari jalanan setapak dan sempit di daerah yang berbukit, hutan, hingga wilayah pegunungan.

Dengan tantangan ini, tentunya risiko kerusakan pada sepeda hingga risiko cedera berat pada pengemudi akan membayangi Anda. Jadi, wajib bagi para pesepeda gunung untuk mempersiapkan aksesoris sepeda khusus berikut ini.

1.      Toolkit set

Toolkit yang baik biasanya terdiri dari tang, obeng, kunci, dan perangkat lainnya yang berguna untuk keadaan darurat. Disarankan pesepeda gunung untuk tidak memulai aktivitas bersepeda tanpa membawa toolkit set.

Untuk memilih toolkit sebaiknya berhati-hati. Soal harga jangan kompromi. Yang penting adalah kualitas baik dan bisa diandalkan di saat darurat.

2.      Kanebo

Saat bersepeda, Anda tidak bisa menghindari adanya debu-debu manja yang menempel di sepeda Anda. Selain membuat penampilan tidak prima saat akan foto instagram, kotoran yang menempel jika dibiarkan lama akan membuat sepeda mudah rusak. Untuk itu, sebaiknya Anda selalu sedia kanebo.

Kain lap serbaguna ini mudah menyerap air, cocok banget untuk membersihkan sepeda. Namun untuk perawatan yang lebih menyeluruh, khususnya pada celah-celah dan rantai sepeda, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai.

3.       Pengecek rantai

Rantai sepeda adalah nyawa dari sebuah sepeda, sehingga wajib bagi pesepeda gunung manapun untuk memeriksa kondisinya. Gunakan aksesoris sepeda ini untuk membantu Anda. Segera ganti jika terlalu kendor, jangan jadikan keselamatan Anda jadi taruhannya.

Keterlambatan menyadari kendornya rantai bisa berakibat fatal. Selain luka lecet kalau jatuh, nasib sial kecelakaan parah juga bisa mengintai sewaktu-waktu. Serta, jangan lupa untuk selalu bersihkan dan tambahkan pelumas.

4.      Cable tie

Cable tie atau biasa disebut juga dengan tyraps adalah tali serbaguna yang biasanya digunakan untuk mengikat sekumpulan kabel. Namun untuk pesepeda gunung, cable tie ini akan sangat berguna dalam keadaan darurat.

Contohnya, ketika rantai sepeda Anda putus di tengah jalan akibat guncangan medan di pegunungan. Dengan cable tie, Anda bisa menyambungkan dua pin rantai yang putus untuk melanjutkan perjalanan sementara.

5.      Helm sepeda

Berkendara sepeda di gunung tidak kalah bahayanya dengan mengendarai sepeda motor. Oleh karena itu helm sepeda yang berstandar tidak boleh sampai ketinggalan agar kepala Anda terlindung dari resiko cedera.

Ciri-ciri helm sepeda yang berkualitas adalah ringan, berventilasi yang baik, bahan bantal yang nyaman dan mudah menyerap, serta strap yang mudah diatur. Namun hal yang paling penting adalah ukuran yang pas di kepala Anda.

6.      Pelindung badan

Saat bersepeda gunung dalam cuaca, medan, dan terpaan angin saat mengayuh, tentunya badan Anda akan memerlukan perlindungan lebih dibandingkan bersepeda keliling kompleks. Salah satunya adalah baju olahraga dengan bahan jersey yang menyerap keringat sehingga ringan dan nyaman dipakai.

Selain itu, perlindungan tangan, kaki, dan badan pun jangan dilupakan untuk menghindari risiko cedera fatal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close