Sportainment

Hobi Mendaki? Berikut Tips Memilih Celana Gunung

Hal yang seringkali kurang diperhatikan oleh para pendaki gunung salah satunya ialah mengenai celana. Celana gunung sering kali diabaikan lantaran fungsinya yang dianggap hanya sebagai outfit standar saja.

Sama halnya seperti kaos dan jaket, pemilihan celana gunung sangatlah penting. Memilih celana yang tepat bertujuan supaya pendakian Anda terasa nyaman. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

1.       Pilih yang ringan dan cepat kering

Tidak sedikit celana gunung dengan bahan kain yang berat. Celana dengan bahan yang berat sering membuat si pemakai merasa tidak nyaman, apalagi saat medannya basah dan berlumpur, menjadi semakin berat, cukup lama untuk kering dan membuat sakit karena kaku.

Pilihlah celana gunung yang ringan kebanyakan tipis dan kalau bisa yang bisa sedikit melar seperti bahan spandex. Celana gunung dengan bahan seperti ini cepat kering dan lebih fleksible. Pastikan celana gunung yang ingin dibeli pas dan nyaman saat dipakai. Terutama bagian pinggang.

2.       Pilih celana gunung plus celana pendek

Anda pasti pernah melihat atau mungkin memiliki celana panjang dengan resleting di bagian sekitar lutut. Celana gunung model seperti ini penting karena Anda bisa mengurangi beban yang harus dibawa. Cukup 2-3 celana model seperti ini dan tidak perlu lagi membawa celana pendek.

Pada saat medan berlumpur atau berair yang membuat celana bagian bawah kotor Anda cukup mencuci yang bawahnya saja. Atau bisa melepasnya saat melewati medan berlumpur.

3.       Pilih yang berbahan kanvas

Bahan ini banyak keunggulan antara lain jika mengalami sobek pada celana maka tidak menyebar ke daerah kain yang lain, sehingga sangat cocok untuk kegiatan pendakian yang kadang mengalami sedikit insiden terkait penyebab celana robek.

Selain itu, bahannya cukup baik untuk melindungi kaki dari hal-hal berbahaya di alam sekitar, sangat direkomendasikan untuk digunakan saat mendaki gunung.

4.       Pilih yang berbahan kuat dan fleksibel

Celana yang kuat tidak mudah robek sangat bermanfaat untuk Anda, juga pergerakan kaki yang cukup tinggi saat melakukan pendakian membutuhkan bahan celana yang fleksibel. Selain itu Bahan yang kuat akan bermanfaat untuk melindungi kaki Anda dari sesuatu yang berbahaya misal duri tanaman, hewan buas dan lain sebagainya.

5.       Jangan memilih celana cargo

Fungsi dari kantong di celana saat naik gunung sebenarnya tidak terlalu berfungsi, mungkin bisa di gunakan untuk menaruh obat dan barang urgen yang kecil. Semua barang ini sebenarnya bisa di taruh di carrier yang Anda bawa, atau selipan lain dari tas.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close