MultisportSportainment

Hobi Bersepeda? Ini Cara Aman Bersepeda Saat Musim Hujan

Bersepeda menjadi aktivitas yang menyehatkan, ramah lingkungan, dan juga irit bahan bakar. Aktivitas gowes juga bisa dilakukan kapan aja, bisa pagi, siang, maupun malam hari. Namun saat musim hujan tiba, Anda akan tetap menggunakan sepeda atau berhenti? Jika curah hujannya masuk kategori yang lebat, apalagi disertai angin dan petir, sebaiknya Anda berhenti gowes dulu.

Tapi, jika hujannya masih dalam kategori ringan sampai sedang, Anda boleh tetap bersepeda. Karena gowes di tengah guyuran hujan gerimis bakal kasih sensasi tersendiri. Jangan lupa juga untuk tetap hati-hati saat gowes di tengah hujan.

Kenapa harus tetap hati-hati? Sudah pasti karena saat musim hujan jalanan yang dilewati akan berbeda, yaitu jadi lebih licin dan juga membahayakan. Maka dari itu, Anda perlu tau gimana cara aman tetap bersepeda saat musim hujan. Simak tipsnya berikut ini.

1.      Mengontrol kecepatan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika bersepeda di tengah guyuran hujan adalah mengontrol kecepatan. Usahakan jangan terlalu terburu-buru dan terlalu cepat saat gowes, Anda juga harus cermat ketika mengayuh sepeda dengan kondisi jalanan yang serba terbatas, apalagi jalanan yang dilewati basah dan banyak genangan air.

2.      Mengatur tekanan angin

Penting juga diperhatikan ketika Anda melewati jalanan yang licin dan basah, sebaiknya periksa kondisi ban terlebih dahulu. Ada baiknya untuk menurunkan tekanan angin ban 15-20 psi dari biasanya supaya ban lebih mencengkeram jalan.

3.      Disiplin di jalan

Tips satu ini juga tidak bisa Anda disepelekan. Karena sesungguhnya, salah satu yang menentukan keselamatan di jalan adalah perilaku bersepeda saat di jalanan. Ingat untuk tetap disiplin, walaupun kondisi trek jalan tidak seperti biasanya.

Pastikan Anda menggunakan jalur yang sudah ditetapkan dan tetap patuhi rambu lalu lintas. Selalu usahakan agar Anda mudah dilihat oleh pengendara lain.

4.      Perhatikan cara pengereman

Tidak kalah penting dari yang lainnya, melakukan pengereman pun harus tepat. Pengereman dalam kondisi cuaca hujan sendiri tidak bisa dilakukan seperti saat kondisi kering. Pengereman saat hujan biasanya memakan waktu lebih lama.

Sebaiknya lakukan pengereman secara halus dan pelan-pelan supaya kecepatan turun secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk menghindari berhenti mendadak di jalanan yang basah.

5.      Jangan lupa untuk dibersihkan

Setelah diguyur dan terkena air hujan, jangan malas untuk membersihkan kendaraan gowes Anda. Bersihkan hingga bersih dan melumasi rantai rodanya. Karena jika tidak segera dibersihkan, air hujan dapat membuat kendaraan gowes Anda cepat berkarat dan bisa mengakibatkan kerusakan.

6.      Gunakan lampu

Lampu sepeda tidak cuma bermanfaat saat gowes di malam hari saja, tapi juga saat hujan. Bersepeda saat hujan sering mengganggu penglihatan dan menurunkan jarak pandang, maka dari itu pasang lampu sepeda untuk bantu penerangan.

Tidak hanya untuk penerangan, lampu juga berguna untuk kasih tanda ke pengendara lain di jalan. Hal ini bakal memberikan keamanan pada diri sendiri maupun pengendara lain tentunya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close